BERITA SORE: Jumat 10/12/2021 | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Jumat, 10 Desember 2021

BERITA SORE: Jumat 10/12/2021

 

Mardani: 2022 Perekonomian Kalsel Diprediksi Membaik


BERITABANJARMASIN.COM - Meningkatnya harga komoditas ekspor diprediksi akan membuat perekonomian Indonesia mengalami perbaikan pasca Pandemi Covid-19.

Hal ini disampaikan Ketua Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Pusat, Mardani M Maming (9/12/2021).

Menurutnya kondisi Pandemi Covid-19 yang mulai terkendali dan percepatan vaksinasi dari semua pihak temasuk HIPMI dan Kamar Dagang Indonesia (Kadin) dapat meningkatkan perekonomian karena masyarakat bisa beraktivitas kembali. "Kita prediksi perekonomian Indonesia mengalami perbaikan," ucap Ketum PDIP Kalsel ini.
Kondisi ini lanjutnya didukung pencabutan penerapan PPKM level 3 selama libur natal dan tahun baru (Nataru) sehingga aktivitas masyarakat berjalan normal termasuk kegiatan pariwisata dan perhotelan.

Hal ini kata dia dengan sudah dibukanya sejumlah obyek wisata dan jika kondisi selama natal dan tahun baru tidak menyebabkan kasus baru diprediksi pemerintah akan membuka Bali sebagai tempat kunjungan wisatawan asing.

Prediksi membaiknya prekonomian Indonesia pada tahun 2022 juga didukung oleh dunia yang menilai Indonesia mampu mengatasi persoalan Covid-19. 

Bahkan di tahun depan Indonesia di percaya internasional sebagai tuan rumah penyelenggara konfrensi G-20.

Mardani menyampaikan perang dagang Amerika dan China juga menguntungkan bagi Indonesia sebab kebutuhan kedua negara tersebut dialihkan pada komoditi dari industri-industri asal Indonesia.

Perbaikan harga komoditi tersebut lanjut dia seperti pada batubara, sawit dan lainnya yang bisa menambah devisa negara. Melihat situasi dan kondisi tersebut maka perekonomian Indonesia diprediksi membaik, termasuk di Kalsel yang banyak mengekspor batubara ke luar negeri. (maya/sip)

Perkuat Kinerja, Gubernur Kalsel Imbau Kabupaten/Kota Tingkatkan Saham Di Bank Kalsel

BERITABANJARMASIN.COM - Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor mengimbau kabupaten/kota meningkatkan nilai sahamnya di Bank Kalsel untuk memperkuat kinerja bank daerah hingga hari ini (10/12/2021).

Mengingat hingga 2024 mendatang Bank Kalsel harus memenuhi modal inti minimum (MIM) senilai Rp 3 triliun sehingga diperlukan sinergitas semua pihak termasuk dari kab/kota.

"Saya mengimbau kepada semua pemerintah kabupaten/kota untuk terus menambah sahamnya di Bank Kalsel," ujarnya.

Ditanya mengenai kinerja bank daerah selama ini, Sahbirin memberikan apresiasi positif dan menunjukkan peningkatan. "

Oleh sebab itu, Sahbirin berharap direktur utama (Dirut) Bank Kalsel yang baru dilantik mampu membawa kemajuan yang lebih baik lagi.

Sementara itu, Dirut Bank Kalsel, Hanawijaya mengaku siap dan optimis untuk memenuhi modal inti minimum senilai Rp 3 Triliun pada 31 Desember 2024 sesuai Paraturan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Diantaranya dengan melakukan roadshow ke seluruh bupati di kabupaten/kota pemegang saham termasuk provinsi Kalsel. (maya/sip)

Pengprov Lemkari Kalsel Resmi Dilantik, Ketua Dewan Guru PB Lemkari Puji Potensi Atlet Banua



BERITABANJARMASIN.COM - Pengurus Provinsi (Pengprov) Lembaga Karate-Do Indonesia Kalsel (Lemkari Kalsel) masa bakti 2020-2024 yang diketuai Irjen Pol (Purn) Arkian Lubis resmi dilantik, Kamis (9/12/2021) di Banjarmasin.

Pelantikan dilakukan langsung Ketua Dewan Guru Pengurus Besar Lemkari, Shuseki Shihan Harried Taning.

Ketua Umum Lemkari Kalsel, Irjen Pol (Purn) Drs H Arkian Lubis menyampaikan dalam kepemimpinan ini berkomitmen memajukan perguruan Lemkari Kalsel dan berprestasi hingga tingkat nasional.

Diantaranya mengikutsertakan atlet dalam Event-event pertandingan, meningkatkan kualitas dojo-dojo sebagai sarana utama tempat pelatihan meningkatkan kompetensi juri, pelatih hingga wasit.

Sebagai awal yang baru ia juga akan mempersiapkan kejuaraan di awal tahun 2022 dalam agenda perebutan Piala Pemprov Lemkari Kalsel.

"Sambil kita tetap mengikuti pemberitahuan atau undangan dari berbagai pihak untuk diikutsertakan," paparnya.

Semnetara itu, Ketua Umum PB Lemkari H Leonardy Harmainy melalui Ketua Dewan Guru, Shuseki Shihan Harried Taning memberikan apresiasi dan pujian tehadap potensi-potensi atlet Lemkari yang masuk dalam lima provinsi terbaik di indonesia.

Dengan adanya pelantikan ini dirinya berharap Kalsel mampu mencetak prestasi sebaik-sebaiknya baik dalam ajang regional hingga tingkat nasional. (maya/sip)

Staf Muda Wali Kota Banjarmasin Turun Langsung Mendata Kawasan Terdampak Banjir Rob



BERITABANJARMASIN.COM - Tak hanya dari pemerintah kota, sembilan staf muda Wali Kota Banjarmasin turun langsung ke sejumlah titik terdampak banjir.

Seperti yang diungkapkan, staf muda Wali Kota Banjarmasin bidang sosial, Fajery Majedi, pihaknya bersama tim BPBD Kota Banjarmasin mencari data untuk melengkapi laporan yang telah diterima baik dari kecamatan, maupun masyarakat langsung.

Sehingga data yang sudah diinventarisir itu bisa menjadi dasar untuk penanganan risiko terdampak banjir rob. "Kami dapat mandat dari pak wali untuk ikut terjun langsung kawasan terdampak banjir," terangnya, Jumat (10/12/2021).

Dendy Primanandi bidang perencanaan wilayah kota dan lingkungan, juga menjelaskan hipotesis saat ini aliran run-off (air larian) masih sulit mencari saluran akibat banyaknya gedun-gedung yang menghalangi penyerapan air.

Sehingga sangat terdampak bagi warga yang berada didataran rendah dan berada dibantaran sungai. "Seperti Jalan Cendrawasih, Lingkar Utara, Basirih, Teluk Tiram, Banyiur, Rawasari,  dan Jafri Zam - Zam," sebutnya.

Untuk itu ia bersama delapan staf muda lainnya ikut membantu upaya yang dilakukan pemkot dengan ikut serta giat yang dilakukan para tim pasukkan turbo PUPR, serta  tim satgas kebersihan sampah membuka sumbatan Drainase dan pompa di lokasi terendam.

Hal senada juga disampaikan staf muda bidang pemuda dan olahraga, Irfan Thalib bahwa ia bersama staf muda lainnya, juga memberikan edukasi kemasyarakat terkait pentingnya menjaga lingkungan dari tumpukan sampah. Karena dapat menyebabkan tersumbatnya aliran air di drainase maupun aliran sungai. "Di sinilah peran kami sebagai staf muda dalam ikut aktif membantu pemerintah," ungkapnya.

Apalagi fenomena La Nina sebelumnya sempat terjadi di awal tahun, yang mengakibatkan banyak kerugian bagi masyarakat.

Mereka pun berharap dengan keikutsertaan pihaknya dalam penanganan banjir rob yang terus meluas saat ini. Bisa membantu pemerintah maupun masyarakat langsung. 

Sementara itu, berdasarkan laporan terhimpun telah disiapkan 700 orang tim gabungan dari Damkar, Turbo, DLH, Satgas dan Kecamatan. Untuk bersihkan sampah pasang rob, drainase mampet, dan melakukan sedot genangan air. (arum/sip)




Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner