BERITA SORE: Kamis 09/12/2021 | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Kamis, 09 Desember 2021

BERITA SORE: Kamis 09/12/2021

 

Gubernur Kalsel Terima Penghargaan Kepala Daerah Pemerhati Pendidikan 2021



BERITABANJARMASIN.COM - Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor terima penghargaan kepala daerah pemerhati pendidikan dalam program sekolah penggerak tahun 2021. 

Penghargaan ini diberikan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, riset dan teknologi RI, melalui lembaga penjamin mutu pendidikan (LPMP) Kalsel, Rabu (8/12/2021) malam. "Ini adalah prestasi yang patut dibanggakan dalam dunia pendidikan," ucap Gubernur Sahbirin yang diwakili Sekretaris Daerah Kalsel, Roy Rizali.

Menurutnya dunia pendidikan sangatlah kompleks menantang dan mulia, dimana menantang menentukan masa depan bangsa dan mulia karena memanusiakan manusia.    

Oleh karena itu penyelenggaraan pendidikan harus dikelola dengan cara yang terbaik. Dimana mutu pendidikan sangat erat kaitannya dengan bagaimana kita dapat menangani progresitas tantangan dan pemulihan dunia pendidikan. "Pendidikan sebuah proses yang perlu pembenahan dan perbaikan," bebernya. 

Sementara itu disampaikan Kepala LPMP Kalsel, Yuli Haryanto pada malam anugerah LPMP Award ini juga sekaligus pembukaan rakor evaluasi program penjamin mutu pendidikan tahun 2021. "Ini merupakan momentum untuk menguatkan kerjasama guna membangun komitmen dalam meningkatkan mutu pendidikan di bumi kalsel," ucapnya. 

Lebih lanjut, apresiasi yang diberikan merupakan upaya peningkatan mutu pendidikan, membangun komitmen di Kalsel, melalui pencanangan kesepakatan bersama yang akan diaksanakan di tahun 2022. 

Ditambahkan Kepala Disdikbud Kalsel, M Yusuf Effendi penghargaan ini patut untuk disyukuri."Semua ini hasil kerja bersama tentu penghargaan ini menjadi motivasi dan inspirasi kita untuk terus bergerak memajukan dunia pendidikan," katanya. 

Adapun beberapa penghargaan yang diberikan yaitu, dengan kategori Kabupaten/Kota di Kalsel dengan proses sinkronisasi data pokok pendidikan (Dapodik) mencapai 100 persen 2021, yakni Disdik Hulu Sungai Selatan, Disdik Hulu Sungai Utara, Disdik Tabalong, dan Disdik Tanah Laut. 

Selanjutnya, penghargaan kategori Kabupaten/Kota di Kalsel dengan presentase aktivasi akun pembelajaran (Belajar.id) terbanyak yaitu Disdikbud Kalsel, Disdik HSS, Disdik Kabupaten Banjar, dan Disdik HSU. 

Untuk kategori Kabupeten/Kota dengan partisipasi aktif dalam penyelenggaraan program sekolah penggerak tahun 2021, yaitu Disdikbud Kalsel, Disdik Banjarmasin, Disdik Banjarbaru, Disdik Kotabaru, Disdik Kabupaten Banjar, Disdik Tanah Laut, dan Disdik Balangan. 

Serta penghargaan kategori anugerah guru terpuji sebagai pelopor aktivasi akun pembelajaran Belajar.id kalsel, dan kategori siswa dan guru berprestasi dalam upaya peningkatan mutu pendidikan di Banua. (fitri/sip)




Sering Hilang Dan Rusak, Pagar Siring Seberang Masjid Sabilal Muhtadin Diperbaiki, Begini Jadinya



BERITABANJARMASIN.COM - Dinas PUPR Kota Banjarmasin melakukan perbaikan pagar siring seberang Masjid Sabilal Muhtadin, Kecamatan Banjarmasin Tengah.
Kepala Bidang Sungai Dinas PUPR Kota Banjarmasin, Hizbul Wathony menerangkan pihaknya melakukan perbaikan pagar yang telah keropos tersebut. "Jadi kita ganti dengan GRC beton agar bisa tahan lama," ujarnya, Kamis (9/12/2021).

Apalagi sebelumnya pagar siring tersebut berbahan besi yang sering dicuri oknum tidak bertanggung jawab.

Sehingga membuat rusak pagar yang berfungsi sebagai pengamanan bagi para pengunjung di kawasan wisata itu. "Anggarannya sekitar Rp190 juta, dengan panjang 105 meter," bebernya.

Thony menjelaskan perawatan kawasan siring sebelumnya wewenang Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Banjarmasin. Namun, dikarenakan keterbatasan anggaran maka perbaikan dilimpahkan ke pihaknya.

Perbaikan pagar juga sebagai antisipasi agar pagar tidak lagi dicuri dan lebih kokoh. Selain itu tahun depan pihaknya kembali merencanakan perbaikan pagar sepanjang 300 meter dengan anggaran sekitar Rp600 juta. (arum/sip)

Ikhsan Budiman Resmi Jabat Sekdakot Banjarmasin, Ibnu Sina: Perlu Seirama Jalankan Visi Misi Kepala Daerah


BERITABANJARMASIN.COM - Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina resmi melantik Ikhsan Budiman menjadi Sekretaris Daerah Kota (Sekdakot) Banjarmasin, Kamis (9/12/2021).
Ibnu Sina meminta Ikhsan Budiman bisa memangku dan menjalankan tanggung jawab dengan sebaik-baiknya. "Selamat dan sukses, untuk sekda yang baru dilantik," ungkapnya, usai melantik.

Ibnu berharap Ikhsan Budiman dapat berkontribusi menyukseskan visi dan misi Wali dan Wakil Wali Kota Banjarmasin. Apalagi saat ini Kota Baiman dilanda banjir rob serta masih dalam penanganan Covid-19. "Sehingga ini menjadi PR dan tugas utama melaksanakan tugas sebagai sekda," ucapnya.

Ibnu menekankan sekda yang baru mampu seirama menyelesaikan segala program yang telah dicanangkan.

Menanggapi hal itu, Sekdakot Banjarmasin, Ikhsan Budiman siap laksanakan tugas yang saat ini resmi diembannya. Ia berjanji berupaya berikan yang terbaik dengan jabatannya sekarang. (arum/sip)




Dewan Kalsel Sikapi Penertiban Truk Pengangkut Semen PT Conch



BERITABANJARMASIN.COM - Beberapa rekomendasi dihasilkan rapat dengar pendapat (RDP) Komisi III DPRD Kalsel terkait penertiban truk pengangkut semen PT Conch yang menggunakan jalan nasional.

RDP yang digelar (8/12/2021) tersebut dihadiri Balai Jalan Besar, Dishub dan perwakilan LSM terkait. Pengangkut semen PT Conch tersebut berasal dari daerah Tabalong, HSU, HST, HSS.

Ketua Komisi III DPRD Kalsel, Sahrujani mengatakan diantara poin rekomendasi tersebut PT Conch bisa meniru PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk yang ada di Kotabaru.

Selain itu, pihaknya akan memberikan masukan pada pihak terkait yang harus meninjau ulang dokumen tentang studi kelayakan mengenai amdal dari PT Conch dan analisis dampak lalu lintas.

Berdasarkan keterangan dari balai jalan besar kata Sahrujani segera melakukan tindakan cepat di tahun 2021 ini mengenai ruas jalan paliwara palampitan dan akan melakukan perbaikan infrastruktur jalan dengan dengan anggaran Rp34 miliar. "Ini perlu kajian ulang," terangnya.

Dari bulan Juli hingga Desember 2021 DPRD sudah menerima data 155 sangsi tilang yang diberikan pihak kepolisian. 

Sahrujani menyampaikan Dewan Kalsel masih memberikan kesempatan  pada PT Conch untuk bisa memberikan keterangan, terkait truk pengangkut semen PT Conch. (maya/sip)

Foto ilustrasi: merdeka.com




Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner