Disperdagin Banjarmasin Kebut Pencapaian Target Retribusi Bidang Metrologi | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Senin, 13 Desember 2021

Disperdagin Banjarmasin Kebut Pencapaian Target Retribusi Bidang Metrologi

BERITABANJARMASIN.COM Menjelang akhir tahun, Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Banjarmasin terus mengebut pencapaian target metrologi sebesar Rp500 juta di 2021.

Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Banjarmasin, Ichroom Muftezar memaparkan bahwa pihaknya mengupayakan pencapaian target dari retribusi metrologi tersebut. "Hingga saat ini sudah mencapai Rp400 juta, mudah-mudahan hingga akhir tahun bisa tercapai," katanya, Senin (13/12/2021).

Retribusi sendiri urainya merupakan pembayaran pertahun dari tera timbangan baik dari pedagang menengah kecil hingga menengah keatas. Kemudian dikumpulkan dengan berbagai nilai retribusi mulai dari lima ribu rupiah hingga puluhan ribu rupiah. "Rencananya retribusi ini akan kami naikan tahun depan," katanya.

Terutama bagi pedagang menengah keatas kenaikan hingga 50 persen lebih tiap tahunnya. Sementara itu, Kepala Bidang Metrologi Disperdagin Kota Banjarmasin, Fitriah bahwa dari timnya terus melakukan pemantauan langsung ke para pedagang untuk melakukann tera timbangan.

Hasilnya tidak ada kedapatan pedagang yang menambah berat timbangan atau pedagang nakal. Alhamdulillah sejauh ini pedagang masih normal dan aman," ungkapnya.

Ia pun berharap dengan terus dilakukan pengawasan terhadap pedagang mampu menekan terjadinya kecurangan yang dapat merugikan pembeli. Untuk itu pihaknya akan menyasar 11 pasar menera atau menguji kembali pada alat ukur, maupun timbangan, yakni Pasar Amal, Pasar Pekauman, Pasar Binjai, Pasar Sederhana, Pasar Gawi Manuntung, Kawasan Pasar Lima, Pasar Teluk, Tiram, Pasar Banjar Raya, Pasar Ksatriaan, Pasar Terminal KM6, dan Pedagang Buah di pinggir jalan. (arum/sip)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner