H. Damanhuri, Pejuang Kalsel yang Ahli Strategi dan Pemimpin Pertempuran Hawang | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Sabtu, 11 Desember 2021

H. Damanhuri, Pejuang Kalsel yang Ahli Strategi dan Pemimpin Pertempuran Hawang

Foto Haji Damanhuri dan RSUD DAmanhuri Barabai, Sumber foto dari FB Ahmad Husain dan Bpost

Mendengar nama H. Damanhuri tentu kita akan ingat sebuah nama Rumah Sakit di kota Barabai. Tapi kita pasti bertanya-tanya siapa H. Damanhuri? Kenapa nama beliau diabadikan menjadi nama RSUD di kota Barabai? Dan apa peran beliau?

H. Damanhuri adalah pejuang kemerdekaan kelahiran Ilung. Pada masa revolusi fisik melawan Belanda di Kalimantan Selatan beliau ahli mengatur strategi dalam pertempuran terutama pertempuran di hutan Hawang.

Tanggal 21 Desember 1948 kedudukan pasukan ALRI di daerah Birayang, Ambitu, Hawang, Rangan dan Labuhan diserang pasukan Belanda, terkenal dengan Pertempuran Hawang.

H. Damanhuri selaku komandan mengatur strategi yang menguntukan pihaknya. Pertempuran di hutan Hawang sangat seru dan membuat pasukan Belanda tidak menyadari bahwa terjadi pertempuran sesama pasukan Belanda.

Pertempuran Hawang berlangsung pukul 08.00 pagi sampai sore hari, sepanjang 5 Km antara kampung Ambitu, Hawang, Rangas dan Labuhan. Dalam pertempuran Hawang 99 pasukan Belanda mati, 6 luka-luka, 5 warga rumah terbakar.

Atas jasa beliau pada masa revolusi fisik, Pemkab Hulu Sungai Tengah mengabadikan namanya menjadi nama RSUD dan Jalan di kota Barabai.

Sumber:
M. Suriansyah Ideham,dkk. Sejarah Banjar. 2007

Sumber instagram @sejarahkalsel.id
Link Artikel asli : https://www.instagram.com/p/CUrWPZNvYpq/

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner