Pengabdian Masyarakat, Dosen Ilmu Komputer FMIPA ULM Beri Pelatihan Virtual Studio OBS | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Kamis, 09 Desember 2021

Pengabdian Masyarakat, Dosen Ilmu Komputer FMIPA ULM Beri Pelatihan Virtual Studio OBS

BERITABANJARMASIN.COM - Pelatihan penggunaan virtual studio dilaksanakan dosen Prodi Ilmu Komputer FMIPA ULM bekerja sama dengan Learning Center FMIPA ULM, Jumat (12/11/2021).

Tim pelaksana kegiatan ini adalah Dwi Kartini, Muhammad Itqan Mazdadi dan Triando Hamonangan Saragih. Pelatihan dilaksanakan di Ruang Learning Center FMIPA ULM. Pelatihan dihadiri mahasiswa yang ada di Kalimantan Selatan yang sering menjadi pegiat di Youtube.
Dosen Ilmu Komputer FMIPA ULM, Muhammad Itqan Mazdadi dalam pelatihan itu menggunakan aplikasi OBS sebagai software yang digunakan pada Virtual Studio ini. 

Pelatihan memuat dasar-dasar pengaplikasian OBS mulai dari pengenalan aplikasi OBS hingga proses pengaturan tata letak greenscreen dan pencahayaan. "Setelah materi dilakukan sesi tanya jawab dan praktek langsung masing-masing peserta menggunakan OBS," ujarnya.
Menurutnya pandemi Covid-19 membawa perubahan besar dalam banyak bidang, salah satunya dalam pelaksanaan kegiatan seminar. Sebelum pandemi, kegiatan seminar biasanya dilakukan secara tatap muka langsung pada suatu tempat baik berupa Gedung, auditorium, ataupun hotel. 

Pandemi Covid-19 memaksa segala kegiatan dilakukan secara online. "Kegiatan seminar online jika tidak disajikan dengan baik akan menimbulkan rasa jenuh dan bosan bagi peserta yang mengikuti," urai dia.

Maka dari hal tersebut, salah satu upaya dalam meningkatkan kualitas dan kreativitas dalam pelaksanaan seminar online atau yang biasanya disebut dengan webinar adalah pemanfaatan Virtual Studio. 

Virtual Studio, jelas Itqan, adalah suatu konsep pemanfaatan greenscreen untuk mentransformasi ruangan menjadi seolah-olah berada pada studio layaknya pembawa acara berita di televisi meskipun pemateri atau MC berada di rumah.

Pelatihan ini diharapkan para peserta mampu mengoperasikan aplikasi OBS untuk kepentingan publikasi kegiatan di unit kerja masing-masing sehingga dapat menyajikan kegiatan yang diadakan secara daring dengan maksimal. (rilis)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner