Balogo Masuk Event Fornas 2022, Porgosi Kalsel Lakukan Seleksi Atlet | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Kamis, 31 Maret 2022

Balogo Masuk Event Fornas 2022, Porgosi Kalsel Lakukan Seleksi Atlet

BERITABANJARMASIN.COM - Persatuan Olahraga Balogo Seluruh Indonesia (Porgosi) Kalsel bersiap menghadapi Festival Olahraga Rekreasi Nasional (Fornas) ke-VI Juli 2022 di Palembang.

Upaya tersebut dilakukan dengan menggelar seleksi dalam pertandingan Induk Olahraga (Inorga) Balogo se-Kalsel yang digelar di Gor Hasanuddin HM pada Kamis (31/3/2022).

Pada pertandingan ini setiap kabupaten/kota mengirimkan sebanyak 20 putera dan 4 orang puteri untuk mengikuti kejuaraan tersebut. "Jadi dari 13 kab/kota, peserta yang ikut berjumlah 260 putera dan 52 puteri," ujar Ketua Porgasi Kalsel, HM Yamin HR.

Ia mengungkapkan dalam pertandingan di Fornas nanti, merupakan kesempatan baik bagi Kalsel untuk memperkenalkan olahraga Balogo ini di kancah nasional. 

Karena merupakan permainan khas suku Banjar, Yamin pun berharap atlet balogo Kalsel nantinya mampu membawa pulang medali sebanyak-banyaknya dalam ajang Fornas 2022 di Palembang.

"Melalui seleksi ini kita akan melihat siapa saja yang terbaik untuk menjadi perwakilan Kalsel di Fornas," ungkapnya.

Dari ratusan peserta tersebut, akan diambil 40 orang yang berhasil lolos dan dilakukan seleksi (final) kembali hingga mendapat enam orang pemenang yakni 3 orang putera dan 3 orang puteri. 

"Harapan kita Kalsel kalau bisa menyapu bersih medali di Fornas nanti," ucap Wakil Ketua DPRD Kota Banjarmasin tersebut.

Dukungan juga diberikan Dispora Kalsel melalui Plt Kasi Pengembangan Olahraga Rekreasi, Tradisional dan Layanan Khusus, Budiono yang menginginkan agar permainan tradisional Balogo ini bisa dikenal tidak hanya dalam skala regional, nasional bahkan di kancah internasional. (maya/sip)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner