Sedikit Mengenal Sultan Adam, Sultan Banjar Yang Masih Memiliki Hubungan Kekerabatan Dengan Datu Kalampayan Martapura | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Jumat, 25 Maret 2022

Sedikit Mengenal Sultan Adam, Sultan Banjar Yang Masih Memiliki Hubungan Kekerabatan Dengan Datu Kalampayan Martapura

 


Sultan Adam Al Watsiq Billah adalah salah satu Raja Banjar yang pernah memerintah di Kesultanan Banjar. Beliau termasuk salah satu raja Banjar yang taat beribadah dan dihormati rakyat.

Beliau dilahirkan pada 1785 M. Beliau adalah anak dari Sultan Sulaiman Saidullah, Sultan Banjar yang memerintah sebelum Sultan Adam.

Sultan Adam banyak belajar ilmu kepada keturunan Syekh Muhammad Arsyad Al-Banjari (Datu Kalampayan Martapura). Bahkan tidak menutup kemungkinan Sultan Adam juga belajar kepada Datu Kalampayan, mengingat Kakek dari Sultan Adam bersahabat dengan Datu Kalampayan.

Tak hanya sebagai guru, Sultan Adam juga memiliki hubungan kekerabatan dengan Datu Kalampayan. Karena sepupu dari Sultan Adam yang bernama Ratu Aminah adalah istri dari Syekh Muhammad Arsyad Al-Banjari. Setelah Datu Kalampayan wafat pun, Sultan Adam tetap berguru kepada Mufti Jamaluddin, Anak dari Datu Kalampayan Martapura.

Sultan Adam juga membuat suatu aturan untuk menangkal para pengaruh penjajah Belanda yang bernama Undang Undang Sultan Adam. Undang undang ini beliau buat 10 tahun setelah beliau pertama menjabat. Tepat nya pada tahun 1835 Masehi.

Sumber : buku Sejarah Banjar Balitbangda Provinsi Kalsel oleh penerbit Ombak Yogyakarta. Sub judul "Undang Undang Sultan Adam 1835" halaman 249

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner