Datu Husein Qodri, Ulama Besar Martapura Yang Lahir Pada Bulan Ramadhan | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Selasa, 12 April 2022

Datu Husein Qodri, Ulama Besar Martapura Yang Lahir Pada Bulan Ramadhan


Syekh Husein Qodri adalah salah seorang ulama besar Martapura. Beliau dilahirkan pada 17 Ramadhan 1327 H. Beliau adalah salah seorang Dzuriyat Datu Kalampayan dari jalur ibu.

Beliau adalah putra dari Hj. Sanah.  Hj. Sanah putri Niangah. Niangah puteri dari Hamidah. Hamidah putri Mufti Jamaluddin. Mufti Jamaluddin adalah putra Syekh Muhammad Arsyad Al-Banjari.

Sedangkan ayah beliau adalah K.H. Ahmad Zaini. Datu Ahmad Zaini adalah putera dari Dari Abdurrahman Al Banjari atau lebih dikenal sebagai Tuan Guru Haji Adu Tunggul Irang.

Beliau banyak belajar kepada Syekh Kasyful Anwar di Kampung Melayu Martapura. Beliau juga belajar kepada ayah beliau (Datu Ahmad Zaini) dan kakek beliau (Tuan Guru Haji Adu). Tak heran beliau menjadi salah seorang ulama besar Martapura saat itu, karena beliau berguru dengan orang orang luar biasa.

Beliau juga menjabat sebagai Qodhi di kantor kerapatan Qodhi di Martapura. Beliau dikena sebagai Qodhi yang murah senyum dan sangat tawadhu. Beliau memiliki semangat yang tinggi dalam mengajar. Beliau mengajar di sekitar 15 buah langgar dan masjid, salah satunya di Masjid Al Karomah Martapura. Setiap kali majlis beliau di Masjid Al Karomah, jamaah selalu melimpah ruah yang menghadirinya.

Beliau mengarang kitab yang bernama Senjata Mu'min. Banyak lagi kitab kitab karangan beliau yang menjadi hasil dari karya tulisnya 

Beliau juga aktif mengajar di ponpes Darussalam Martapura. Beliau termasuk guru senior di ponpes tersebut dan diakui kedalaman ilmu nya.

Beliau wafat pada 27 jumad awwal 1387 H. Beliau di makamkan di kampung Tunggulirang Martapura, berdampingan dengan makam ayah dan kakek beliau.

Sumber : Buku Datu-datu terkenal Kalimantan Selatan, Sub Judul "Datu Husein Qodri Martapura ", halaman 111 Buku diterbitkan oleh penerbit "Sahabat" Mitra pengetahuan".


Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner