Datu Kandang Haji, Ulama Perlopor Pendidikan Islam Bumi Sanggam, Balangan | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Kamis, 28 April 2022

Datu Kandang Haji, Ulama Perlopor Pendidikan Islam Bumi Sanggam, Balangan

Sumber foto : direktoripariwisata.id/


Datu/Datuk Kandang Haji yang nama aslinya Surya Sakti Mangku Alam, atau dikenal pula Syekh Zainal Abidin, merupakan pelopor pengajian Al-Qur'an dan hadis di kawasan Balangan-Paringin. Komunitas pengajiannya berada dalam komplek teritorial khusus yang dinamai "Kandang Haji".

Datu Kandang Haji membuat pagar dengan membatasi wilayah-wilayah meliputi; Lulunan, Bamban Balang, Baruh Dauh dan Pajijihan. Untuk menjaga dari serangan gaib, seperti parang maya, racun, pulasit kiriman, dan juga membuat rajah di Mungkur Batu.

Sebuah istilah pengajian dalam tradisi Banjar adalah "Pengajian Bandongan atau Balangan" yang menjadi pusat pengajian agama Islam di Banua Lima pada abad ke-17.

Pengajian sistem Balangan adalah dengan cara guru membacakan sebuah kitab dan murid-muridnya menjaga pada kitab yang sama.

Pola pengajian Balangan menjadi model pembelajaran di Kesultanan Banjarmasin sebagai bentuk pengajian untuk memahami hukum Islam atau 'fikih'.

Datu Kandang Haji membangun 3 buah masjid yakni Masjid Al-Mukarramah, Masjid Jannatul Ma'wa dan Masjid Sirajul-Huda sebagai pusat pengajian dan penyebaran Islam di Banua Lima pada abad ke-17.

Sumber: Yusliani Noor, Islamisasi Banjarmasin

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner