Demang Lehman, Pejuang Banjar Yang Namanya Diabadikan Menjadi Nama Stadion | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Kamis, 21 April 2022

Demang Lehman, Pejuang Banjar Yang Namanya Diabadikan Menjadi Nama Stadion


Tanggal 18 Januari 2013 menjadi catatan sejarah bagi Stadion Demang Lehman. Sebelumnya nama stadion ini adalah Indrasari. Oleh Sultan Khairul Saleh yang saat itu menjabat sebagai Bupati Banjar stadion ini dibuat berstandar Internasional. namanya diubah menjadi Stadion Demang Lehman.

Nama ini adalah milik seorang Pahlawan Perang Banjar. Sebagai bentuk penghormatan dan mengenang keberanian serta ketulusan Demang Lehman dalam memperjuangkan kemerdekaan banua Banjar dari cengkeraman penjajah Belanda.

Keberanian Demang Lehman yang sangat ditakuti tentara penjajah diharapkan memberi semangat bagi tim asal banua yang akan bertanding di Stadion Demang Lehman. Dalam sejarah tercatat bahwa Demang Lehman sampai hembusan napas terakhir di tiang gantungan tidak mau menyerah kepada penjajah.

Stadion Demang Lehman terletak di Desa Indrasari, Kecamatan Martapura, Kabupaten Banjar. Stadion milik Pemerintah Kabupaten Banjar ini berkapasitas 15.000 penonton. Terdiri dari tribun terbuka dan tertutup, menggunakan rumput berstandar FIFA dan penerangan untuk bermain malam berkekuatan 1000 lux.

Sumber Instagram @kesultananbanjar_official

Link artikel asli : https://www.instagram.com/p/CIxhdmWJBZ0/?utm_medium=copy_link

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner