Inilah Beberapa Kejadian Bersejarah Bagi Urang Banjar di Bulan Ramadhan | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Jumat, 15 April 2022

Inilah Beberapa Kejadian Bersejarah Bagi Urang Banjar di Bulan Ramadhan


Dalam sejarah Banjar, terdapat banyak peristiwa bersejarah ketika bulan ramadhan. Mulai dari datang nya Datu Kalampayan dari Makkah ke Banjar, hingga wafat nya ulama besar Banjarmasin, yaitu K.H. Ahmad Zuhdiannoor.

1. Pulangnya Datu Kalampayan Ke Banjar Setelah Belajar di Makkah

Datu Kalampayan (Syekh Muhammad Arsyad Al-Banjari Martapura) adalah ulama besar Banjar yang menuntut ilmu 30 tahun lebih lama nya di Makkah dan Madinah. Beliau banyak belajar kepada banyak ulama besar Makkah, diantaranya adalah Syekh Sulaiman Al Kurdi, Syekh Samman Al Madani, dan banyak lagi.

Setelah selesai belajar, beliau pulang ke Indonesia. Beliau baru sampai di Banjar pada bulan Ramadhan 1186 H (1773 M)

2. Lahirnya Tuan Guru Husein Qodri Martapura

Tuan Guru Husein Qodri adalah salah satu ulama besar Martapura yang juga keturunan Syekh Muhammad Arsyad Al-Banjari Martapura. Beliau putera dari Hj. Sanah, putri dari Hamidah, putri dari Mufti Jamaluddin, putera dari Syekh Muhammad Arsyad Al-Banjari (Datu Kalampayan Martapura).

Menurut catatan sejarah, beliau dilahirkan pada 17 Ramadhan 1327 H dan wafat pada 27 Jumadil Awwal 1387 H.

3. Wafatnya K.H. Ahmad Zuhdiannoor Banjarmasin

K.H Ahmad Zuhdiannoor adalah salah satu ulama kharismatik kota Banjarmasin. Beliau adalah murid dari Abah Guru Sekumpul (Abah Guru Sekumpul). Semasa beliau hidup, pengajian ilmu agama beliau begitu penuh dengan lautan manusia. Beberapa majelis beliau adalah di Citragraha, pondok Indah, Masjid Raya Sabilal Muhtadin, Masjid Jami Sungai Jingah.

Beliau wafat pada 9 Ramadhan pada tahun 2020. Beliau dimakamkan di dekat rumah beliau di Sungai Jingah.

Sumber : Buku Datu-datu terkenal Kalimantan Selatan, Sub Judul "Datu Husein Qodri Martapura ", halaman 111 Buku diterbitkan oleh penerbit "Sahabat" Mitra pengetahuan".

buku Sejarah Banjar Balitbangda Provinsi Kalsel oleh penerbit Ombak Yogyakarta. Sub judul "Riwayat hidup Syekh Muhammad Arsyad Al-Banjari" halaman 227

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner