Inilah Masjid Masjid Bersejarah di Kalsel, Rata Rata Berusia Ratusan Tahun | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Sabtu, 23 April 2022

Inilah Masjid Masjid Bersejarah di Kalsel, Rata Rata Berusia Ratusan Tahun

Kalimantan Selatan memiliki pemeluk agama islam yang sangat banyak. Hal ini membuat begitu banyak berdiri masjid bersejarah yang bahkan sudah berusia ratusan tahun. Masjid ini tersebar diberbagai daerah seperti Masjid Al karomah Martapura, Masjid Jami Sungai Jingah Banjarmasin, dan masih banyak yang lain.

1. Masjid Agung Al Karomah

Sumber foto : www.wisatakalimantan.com/

Dahulu masjid ini bernama masjid jami' Martapura. Didirikan oleh panitia pembangunan H.M. Nasir, H.M. Taher, H. M. Afif (Datu Landak). Di dukung juga oleh Tumenggung Kesuma Yuda dan Mufti H.M. Noor. Pada 10 Rajab 1315 H (5 Desember 1897 M) pembangunan pun dimulai. Struktur utama kayu ulin beratap sirap. Dinding dan lantai dari papan kayu ulin.

2. Masjid Jami' Banjarmasin

Sumber foto : banjarmasintourism.com/

Masjid Jami' Banjarmasin atau dikenal Masjid Jami Sungai jingah. Masjid ini berarsitektur joglo dan dasar kayu ulin dibangun pada 1777 M. Lokasi awal pembangunan berada ditepi sungai Martapura. Kemudian pindah ke Jl. Masjid Kelurahan Antasan Kecil Timur Banjarmasin pada 1934.

3. Masjid Keramat Banua Halat.

Sumber : wikipedia/

Ini adalah masjid tua di desa Banua Halat kiri, Tapin, Kalsel. Tidak diketahui pasti kapan masjid ini di bangun. Menurut sejarah, Masjid ini dibangun H. Syafrullah (Datu Ujung). Ada pula versi lain yang menyebutkan masjid ini didirikan Haji Mungani Salingnata pada 1840.

4. Masjid Pusaka Banua Lawas

Sumber : wikipedia/

Masjid ini berada di kec. Banua Lawas, Tabalong, Kalsel. Masjid ini masih ada beduk asli dan petaka sepanjang 110 cm. Dibangun pada 1625 Masehi oleh Khatib Dayan dan Sultan Abdurrahman (dari Kesultanan Banjar. Khatib Dayan membangun masjid ini dibantu oleh tokoh rakyat Dayak, Datu Ranggana, Datu Kartamina, Datu Saripanji, Langlang Buana, Taruntung Manau, Timba Sagara, Layar Sampit, Pambalah Batung, dan Garuntung Waluh

5. Masjid Su'ada (Masjid Ba'angkat)

Sumber : wikipedia

Didirikan oleh Syekh H. Abbas dan Syekh H.M. Said bin Syekh Sa'dudin. pada 28 Dzulhijjah 1328 H. Masjid ini terletak di Desa Wasah Hulur, Simpur, Hulu Sungai Selatan. Masjid ini berdiri diatas tanah wakaf Mirun bin Udin dan Asmail bin Abdullah

6. Masjid Jami' Tuhfaturroghibin 


Masjid ini biasa juga disebut masjid kanas. Berlokasi di Alalak tengah, Banjarmasin. Di bangun pada 11 Muharram 1357 H. Masjid ini didirikan tak lepas dari jasa ulama Alalak yang bernama H. Marwan bin H.M. Amin. Atas jasa H. Marwan, masjid 4 tiang utama masjid ini dapat berdiri kokoh hingga kini.

link artikel asli : https://www.instagram.com/p/CJAh87OgXO9/

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner