K.H. Ideham Chalid, Tokoh Kalsel Yang Menjadi Salah Satu Penggagas Konferensi Islam Asia Afrika | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Minggu, 10 April 2022

K.H. Ideham Chalid, Tokoh Kalsel Yang Menjadi Salah Satu Penggagas Konferensi Islam Asia Afrika


K.H. Ideham Chalid adalah salah satu tokoh besar Kalimantan Selatan dan memiliki gelar pahlawan nasional. Beliau terlibat dalam beberapa acara internasional, salah satu nya adalah Konferensi Islam Asia Afrika.

K.H. Ideham Chalid menjadi salah satu penggagas diadakannya Konferensi Islam Asia Afrika. Gagasan ini mendapat dukungan dari presiden Soekarno. Konferensi Islam Asia Afrika pendahuluan pun diadakan di Jakarta pada 6-14 Juni 1964.

Rakyat Indonesia, termasuk rakyat Kalimantan Selatan menyambut gembira Konferensi Islam Asia Afrika ini. Lalu dibentuklah panitia daerah Konferensi Islam Asia Afrika Kalimantan Selatan oleh H. Abdulganie Majedi (ketua NU wilayah Kalimantan Selatan)

Panitia ini di maksudkan untuk menjelaskan kepada ummat Islam Kalimantan Selatan tentang tujuan Konferensi Islam Asia Afrika. Juga untuk kumpulkan dana membiayai utusan Kalsel di Konferensi Islam Asia Afrika. Hasil nya, hanya dalam satu malam terkumpul dana sebesar 25 juta dan disetorkan sebanyak 5 juta kepada panitia KIAA (Konferensi Islam Asia Afrika)

Setelah KIAA (Konferensi Islam Asia Afrika) diadakan lah rapat panca tunggal pada 26 Maret 1965 oleh para alim ulama di Kalsel, salah satu nya Syekh Salman Jalil (Ulama besar Martapura. Dari rapat panca tunggal, disepakati diadakan lagi musyawarah alim ulama Kalimantan Selatan.

Lalu diadakanlah musyawarah alim ulama Islam se Kalsel. Dihadiri oleh 1500 peserta dan undangan. Diadakan di gedung Nasional dwikora (sekarang areal gedung DPRD Kalsel).

Sumber : buku Sejarah Banjar Balitbangda Provinsi Kalsel oleh penerbit Ombak Yogyakarta. Sub judul "Menggalang Persatuan dan Kesatuan Islam Melawan Umat Tidak bertuhan" halaman 1026

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner