Kisah Kebaikan Abah Guru Sekumpul, Mulai Dari Memberi Makan Burung Liar, Membantu Yatim Dan Janda, Hingga Bersedekah Kepada Non Muslim | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Minggu, 24 April 2022

Kisah Kebaikan Abah Guru Sekumpul, Mulai Dari Memberi Makan Burung Liar, Membantu Yatim Dan Janda, Hingga Bersedekah Kepada Non Muslim

 


Abah Guru Sekumpul (K.H. Zaini bin Abdul Ghani Martapura) adalah seorang ulama kharismatik Kalimantan Selatan. Selain alim ilmu agamanya, beliau memiliki jiwa sosial yang luar biasa yang bisa kita teladani. Mulai Dari Memberi Makan Burung Liar, Membantu Yatim Dan Janda, Hingga Bersedekah Kepada Non Muslim

Pernah seseorang suatu kali diminta Abah Guru Sekumpul membelikan kacang hijau. Kebiasaan beliau adalah selalu membayar dengan uang lebih dari harga yang dibeli. Sisanya, pasti diberikan kepada yang diminta bantuannya.

Rupanya, kacang hijau tersebut untuk memberi makan burung-burung liar. Bermacam jenis burung berdatangan dengan jinak, memakan kacang hijau yang disiapkan Abah Guru Sekumpul. Setelah kenyang, burung-burung tersebut dibiarkan bebas terbang sesukanya.

Kemudian menurut kesaksian salah satu pecinta Abah Guru Sekumpul, isterinya dan ipar-iparnya dimasa kecil berstatus yatim. Ternyata mereka selalu menerima bantuan rutin dari Abah Guru Sekumpul. Padahal jarak rumah dengan Abah Guru Sekumpul lumayan jauh dan tidak ada hubungan kekerabatan. Ini menunjukkan perhatian beliau terhadap anak-anak yatim. Bukan hanya dari famili, tapi juga yang tidak ada hubungan keluarga.

Lalu saat Abah Guru Sekumpul di usia tua, guru-guru beliau banyak yang sudah wafat. Ternyata Beliau memberi sedekah kepada janda-janda guru beliau. Prinsip yang beliau pegang adalah, bila PNS menerima dana pensiun dari pemerintah, maka janda guru agama (ulama) seharusnya menerima tunjangan dari murid-muridnya.

Pernah juga diceritakan salah seorang murid beliau yang turut saat beliau berobat di Surabaya. Ketika itu, Abah Guru Sekumpul memerintahkan membeli beras dalam jumlah banyak dan minta dibagikan kepada seluruh karyawan rumah sakit.

Keheranan, murid Abah Guru Sekumpul pun bertanya, “Abah, tidak semua karyawan beragama Islam”. Jawaban Abah Guru Sekumpul, “Bagaimana perasaan yang tidak menerima bagian ketika melihat temannya sesama karyawan mendapat bagian beras?”.

Sumber artikel asli : https://pecihitam.org/rahasia-abah-guru-sekumpul-dicintai-banyak-orang/

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner