Kuliner Ikonik Kalimantan Selatan Yang Mungkin Belum Buhan Pian Tahu | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Rabu, 13 April 2022

Kuliner Ikonik Kalimantan Selatan Yang Mungkin Belum Buhan Pian Tahu


Kalimantan Selatan punya banyak kuliner khas. Mulai dari soto Banjar, Bingka barandam, hingga kopi pengaron. Berikut beberapa ulasannya.

1. Soto Banjar


Bahan utamanya ayam dengan bumbu rempah rempah. Ada kayu manis, pala dan cengkeh. Disajikan dengan perkedel/kentang rebur serta ketupat dan telur rebus

2. Nasi Kuning


Nasi kuning disajikan dengan beras jenis gambut. Nasi kuning Banjar disajikan dengan lauk ikan haruan masak habang, telur, ayam dan lain lain.

3. Lontong


Lontong di Banjarmasin berkuah gurih dengan warna agak kekuningan. Potongan lontong disiram kuah santan kental. Lauknya ikan haruan, telur atau ayam yang dimasak sendiri dengan bumbu masak habang (bumbu merah). Tak lupa juga taburan bawang goreng diatasnya

4. Ketupat Kandangan


Kuliner ini khas Kandangan, Kab. Hulu Sungai Selatan. Ketupat kandangan disajikan dengan lauk ikan haruan (ikan gabus). Ikan haruan di panggang, dan dimasak dengan kuah santan kental.

5. Ikan Saluang


Ikan kecil ini merupakan spesies rasbora. Berukuran lonjong panjang 5-10 cm. Ikan saluang diberi bumbu dan digoreng kering. Rasnya menjadi gurih dan renyah.

6. Kelelepon

Memiliki bahan dasar tepung ketan, Berbentuk bulat kecil. Bagian dalam berisi gula merah dan ditaburi parutan kelapa

7. Bingka Barandam

Kue khas Banjar. Memiliki tekstur lembut dan disajikan dengan air beraroma pandan.

8. Amparan Tatak


Kue ini berbahan dasar tepung beras. Dengan santan kelapa dan pisang.

9. Kopi Pengaron

Kopi khas Kalimantan Selatan yang namanya diambil dari nama kecamatan di Kab. Banjar, Pengaron. Kopu Pengaron termasuk jenis kopi robusta.

Sumber : Brosur dinas Pariwisata Kalimantan Selatan

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner