Mengenal Patih Masih, Tokoh Banjar yang Namanya Diabadikan Menjadi Nama Jembatan di HKSN Banjarmasin | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Kamis, 21 April 2022

Mengenal Patih Masih, Tokoh Banjar yang Namanya Diabadikan Menjadi Nama Jembatan di HKSN Banjarmasin

 


SETELAH digarap selama tiga tahun anggaran dengan biaya sekitar Rp 70 miliar Jembatan HKSN yang diberi nama baru yakni Jembatan Patih Masih diresmikan. Bertepatan dengan momentum 17 Ramadhan 1443 H atau 19 April 2022, jembatan yang berlokasi di Jalan HKSN, Kuin Utara, Banjarmasin Utara, diresmikan Walikota Banjarmasin, Ibnu Sina @ibnusina.official @pemko_banjarmasin

Pengabadian nama tokoh sejarah Patih Masih ini tentunya penghargaan besar terhadap sejarah lokal di banua.

Dalam catatan historis, siapa tokoh Patih Masih? Tokoh ini tidak terlepas dari keberadaan wilayah Banjar dan Banjarmasih yang kemudian bermetamorfosa menjadi Banjarmasin.

Berdasarkan Hikayat Banjar, kata Banjar itu menunjukkan nama kampung di sekitar Sungai Kuin (Cerucuk) yang bertetangga dengan kampung Sarapat, Balandean, Tamban, Balitung hingga Kuin. Kampung Banjar ini disebut pula Banjarmasih, karena dipimpin tetuha bernama Patih Masih. Jadi Patih Masih adalah tetua sekaligus pemimpin di wilayah Banjar.

Patih Masih berjasa besar dalam proses perjuangan hingga terbentuknya Kerajaan Banjar serta pentahbisan Raden Samudera/Sultan Suriansyah sebagai Raja Banjar pertama di Banjarmasih tahun 1526.

Berawal ketika intrik politik di Kerajaan Negara Daha (1437-1526), Raden Samudera menyembunyikan diri ke daerah sunyi di daerah Muara Baritu dari Muara Bahan (bandar Negara Daha), mendapat bantuan dari Patih masih.

Patih Masih mencari Raden Samudera untuk dirajakan. Dipanggilnya Patih Balit, Patih Muhur, Patih Balitung, Patih Kuin diajaknya berunding dan sepakat merajakan cucu Maharaja Sukarama, Raden Samudera.

Jasa Patih Masih lainnya adalah menjadikan rumahnya sebagai Keraton Kesultanan Banjar pertama di Kuin sekitar tahun 1526-1527 (Lokasinya ini tidak jauh dari Jembatan HKSN-Patih Masih yang diresmikan).

Pada area inilah terletak rumah Patih Masih. Menurut Hikayat Banjar, rumah Patih Masih kemudian dijadikan keraton. Rumah tersebut diperluas dan selain itu dibuat Pagungan, Sitilohor dan Paseban.

Sumber Instagram @sejarah.banjar
Link artikel asli : https://www.instagram.com/p/CckUv7nv60H/

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner