Menjadi Destinasi Wisata Religi yang Dikenal Hingga Mancanegara, Kawasan Kubah Basirih Banjarmasin Selatan Terus Berkembang | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Kamis, 14 April 2022

Menjadi Destinasi Wisata Religi yang Dikenal Hingga Mancanegara, Kawasan Kubah Basirih Banjarmasin Selatan Terus Berkembang

BERITABANJARMASIN.COM - Menjadi tempat wisata religi yang dikenal banyak masyarakat hingga ke mancanegara, kubah Habib Hamid bin Abbas Bahasyim atau lebih dikenal dengan sebutan Habib Basirih terus berkembang.

Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Kubah Basirih Banjarmasin Selatan, Husin Luthfie memaparkan bahwa sejak  75 tahun silam kawasan tersebut sudah menjadi wisata relegi. "Alhamdulillah kami para zuriat sekaligus pengurus terus merencanakan perkembangan," ujarnya, Rabu (14/4/2022).

Ia juga menyampaikan perkembangan kawasan religi yang berada di Banjarmasin Selatan itu, dilakukan sejak 2015 dengan memiliki Design Engenering Detail (DED) yang dibuat oleh pihaknya.

Tentunya lanjutnya, pihaknya mendapatkan dukungan penuh baik dari pemerintah provinsi maupun pemerintah kota. "Kami sangat bersyukur pemerintah juga ikut mendukung," imbuhnya.

Seperti pada pembangunan fasilitas umum dan tempat wudhu oleh Pemkot Banjarmasin 2016 lalu, kemudian di 2017 ada pembangunan mushola oleh pemkot dan pembangunan toilet wisata oleh Pemprov Kalsel.

Terakhir pembangunan enam gazebo di kawasan kubah, sebagai tempat peristirahatan para wisatawan atau peziarah.

Selain itu, untuk mempermudah dalam pengelolaannya ditahun 2020 lalu pokdarwis wisata religi kubah basirih resmi dilantik oleh Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina. "Dengan demikian kami semakin semangat untuk perkembangan kawasan kubah," ungkapnya.

Terlebih ujarnya lagi, diera kepemimpinan Ibnu Sina kawasan tersebut dicanangkan menjadi salah satu dari sepuluh destinasi wisata di Banjarmasin.

Sehingga sangat berdampak pada geliat perkembangan sektor wisata dan ekonominya bagi masyarakat. Terutama warga yang juga sebagai UMKM di kawasan tersebut. (arum/sip)

ilustrasi: istimewa

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner