Pemprov Kalsel Segera Bentuk Tim Pengevaluasi Kelayakan Bangunan di Kalsel | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Kamis, 28 April 2022

Pemprov Kalsel Segera Bentuk Tim Pengevaluasi Kelayakan Bangunan di Kalsel

BERITABANJARMASIN.COM - Kejadian robohnya bangunan tiga lantai bangunan ritel modern (Alfamart) di Gambut Kabupaten Banjar menjadi catatan tersendiri bagi Pemprov Kalsel.

Sekda Provinsi Kalsel, Roy Rizali Anwar menyampaikan akan melakukan audit bangunan dan membentuk tim untuk mengevaluasi bangunan-bangunan yang ada di Kalsel. 

"Sesegeranya akan kita bentuk, agar kejadian serupa tidak lagi terulang," ucapnya usai mengikuti rapat paripurna penyampaian rekomendasi LKPj Gubernur Kalsel 2021 (27/4/2022) 

Tim ini dibentuk untuk mengevaluasi baik dari segi perencanaannya maupun pelaksanaan berkaitan dengn spesifikasi teknis maupun evaluasi saat setelah dilaksanakan.

Sehingga terangnya apabila ada kendala atau indikasi yang mengakibatkan kegagalan bangunan bisa diperbaharui lebih dini. 

Pihak pemprov juga akan sesegera mungkin membentuk tim tersebut dan berkoordinasi dengan semua pihak. 

Menurutnya untuk evaluasi bangunan Alfamart ini, pemerintah kabupaten/kota juga telah menurunkan timnya termasuk dibantu dari ULM dan Polda. 

Sedangkan Pemda kata dia sedang menyusun tim untuk melakukan kajian-kajian dan memilah mana yang harus menjadi prioritas, apakah saat pengajuan izin atau perencanaan desain atau perlu membuat basic design untuk daerah-daerah tertentu. 

Seperti standar minimal kedalaman konstruksi untuk pondasi seberapa dalam, kekuatannya bagaimana dan peruntukkan bangunannya untuk apa.

"Itu ada catatannya tersendiri sehingga bagi masyarakat awam paling tidak ada acuan bagaimana membangun di wilayah Kalsel," paparnya.

Di lain sisi kata Roy, pemerintah juga harus mencari solusi untuk meyakinkan konstruksi yang aman khususnya di daerah rawa seperti apa sesuai pedoman pembangunan gedung. 

Mungkin nanti sistemnya lanjut Roy jika mereka mau mengajukan izin pembangunan pemprov akan memberi draft untuk daerah mana minimal kontruksinya seperti apa. 

Paling tidak setelah lebaran ujarnya sudah dilakukan rapat awal yang melibatkan dengan stakeholder terkait baik secara teknis, administrasi dan hal lainnya. 

"Sehingga bisa membuat formulasi agar hal tersebut dapat kita akumulasi dengan baik," ucapnya. (maya/sip)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner