Seniman Mamanda dan Bapandung Banjar, Abdus Sukur Tutup Usia | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Rabu, 06 April 2022

Seniman Mamanda dan Bapandung Banjar, Abdus Sukur Tutup Usia

BERITABANJARMASIN.COM - Seniman tradisi Banjar, Abdus Sukur tutup usia hari ini (6/4/2022) pada usia 56 tahun di RS Bhayangkara Banjarmasin. Kabar ini menyisakan duka bagi keluarga dan pegiat seni tradisi di Banua.

Semasa hidupnya, beliau dikenal sebagai seniman tradisi Banjar seperti Mamanda dan Bapandung yang kini sudah mulai langka. Selain itu, beliau juga aktif dalam berbagai event dan kegiatan seni.

Mengutip dari redkal.com, dalam teater tradisional Mamanda, beliau akrab memerankan tokoh Hadam. Karakter pencair suasana lewat tingkah lucu sebagai pengasuh anak raja. 

Bermain peran Hadam membuat Abdus Sukur kian piawai mengundang gelak tawa penonton di setiap penampilan. Di sela tampil di panggung, Abdus Sukur menyatakan prihatin atas nasib kesenian Bapandung.

Kesenian Bapandung, kata Sukur, berusia hampir sepadan dengan Mamanda. Tokoh Hadam biasanya memainkan kesenian Mamanda di waktu tertentu. Sangat jarang Bapandung dimainkan dalam panggung khusus. 

foto: M. Ali Nafiah Noor

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner