Tuan Kohdok, Saudagar Cina Yang Menjadi Mertuanya Datuk Kalampayan Martapura | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Senin, 04 April 2022

Tuan Kohdok, Saudagar Cina Yang Menjadi Mertuanya Datuk Kalampayan Martapura



Tuan Kohdok memiliki nama asli Muhammad Hasan Asy'ari. Beliau adalah seorang saudagar kaya etnis Cina di Kalsel yang memeluk agama Islam.

Anak beliau bernama Go Hwat Nio (Tuan Guwat) adalah istri dari Datu Kalampayan Martapura. Hingga status beliau menjadi mertua dari Syekh Muhammad Arsyad Al-Banjari.

Sebab pertemuan Datu Kalampayan dan Tuan Kohdok karena dulu anak dari Tuan Kohdok sakit. Lalu beliau minta tolong kepada Datu Kalampayan untuk mengobati memberi air dan ternyata sembuh. Lalu dikawinkan lah anak beliau yang bernama Go Hwat Nio (Tuan Guwat) dengan Datu Kalampayan.

Dari pernikahan Datu Kalampayan dan Tuan Guwat lahirlah 6 anak dan 3 diantaranya menjadi ulama besar. Mereka adalah Khalifah Hasanuddin, Khalifah Zainuddin dan Mufti Haji Jamaluddin.

Mufti Jamaluddin pun banyak menurunkan keturunan yang Sholeh lagi Alim. Salah satu diantaranya adalah Qodhi Syekh Haji Abdush Shamad di Bakumpai (Marabahan).

Tuan Kohdok punya 3 orang anak. Diantara nya adalah Gi Hyat Nio, Go Hwat Nio (Tuan Guwat) dan Abdul Mutholib.

Sumber : Dirangkum dari rekaman pembacaan manaqib oleh Tuan Guru Mulkani, link video lengkap https://youtu.be/xYjfrxbyUtw

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner