H-1 Lebaran, Warga Kampung Melayu Banjarmasin Ramai Tunaikan Zakat Fitrah di Masjid Ar-Rahman | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Minggu, 01 Mei 2022

H-1 Lebaran, Warga Kampung Melayu Banjarmasin Ramai Tunaikan Zakat Fitrah di Masjid Ar-Rahman

BERITABANJARMASIN.COM - Melaksanakan zakat fitrah merupakan kewajiban bagi umat muslim yang mampu, tak terkecuali warga Kota Banjarmasin di kawasan Kampung Melayu Darat.

Seperti di Masjid Ar-Rahman, yang mulai didatangi warga sejak kemarin untuk melaksanakan zakat fitrah.

Petugas Amil Zakat Fitrah Masjid Ar-Rahman Fadhil Rahman menerangkan bahwa untuk aktivitas penerimaan zakat fitrah ini sudah mulai dibuka awal Ramadhan. Namun aktifnya pada pertengahan bulan.

"Puncaknya sudah terasa di H-2 itu dan sudah mengalami peningkatan orang yang mau bayar zakat fitrah dari pukul dua siang hingga sembilan malam setiap hari," paparnya, Minggu (1/5/2022). 

Kebanyakan yang membayar zakat adalah warga sekitar namun juga ada warga dari kawasan lain..Namun, warga akan lebih banyak datang sejak malam ini, dengan ketentuan zakat yang dikeluarkan setiap tahun.

Selain itu pihaknya juga menyediakan pedagang beras yang telah dikemas untuk memudahkan warga yang datang untuk berzakat. "Sehingga warga bisa dipermudah untuk menunaikan zakat," katanya.

Dibandingkan tahun sebelumnya, diakuinya untuk tahun ini pihaknya lebih banyak menerima zakat fitrah berupa beras ketimbang uang tunai.

Adapun untuk pendistribusian zakat fitrah yang telah diterima nantinya dibagikan pada warga sekitaran yang kurang mampu. "Kalau uang kebanyakan kita serahkan di setiap RT di lingkungan," imbuhnya.

Besarannya sendiri sesuai ketentuan yang telah ditetapkan, yakni tiga liter satu mud untuk satu orang. Dengan menggunakan beras yang digunakan dalam memenuhi kebutuhan sehari - hari. (arum/sip)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner