Pameran Lukisan Karya Robert Nasrullah dan Hajriansyah, Beyond Nature: Dua Nagara, Dibuka Hari Ini di Yogyakarta | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Sabtu, 01 April 2023

Pameran Lukisan Karya Robert Nasrullah dan Hajriansyah, Beyond Nature: Dua Nagara, Dibuka Hari Ini di Yogyakarta

BERITABANJARMASIN.COM - Dalam paradigma masyarakat tradisional ada pandangan, bahwa di balik kenyataan (alam) yang tampak ada fenomena lain yang mengiringinya. 

Di balik yang lahir ada yang batin, dan bersisisan dengan yang nyata ada “kenyataan” yang gaib. Bagi seniman sendiri ada jiwa di balik lukisannya, yang biasa terekspresikan melalui istilah “jiwa ketok”, “greng”, “taksu”, dan lain sebagainya. 

Fenomena semacam itulah yang mengitari dua pelukis, Hajriansyah dan Robert, dan yang mengikat serta menjadi jiwa lukisan dalam pameran 'Beyond Nature kali ini--selain juga kenyataan bahwa mereka berdua datang dari kultur geografis yang sama: Nagara, sebuah kampung tua di Kalimantan Selatan yang pernah menjadi ibukota kerajaan Hindu pada abad ke-14/15. 
"Nagara juga punya reputasi sebagai produsen para ‘tuan guru’, istilah lokal untuk menyebut ahli agama Islam. Dari Nagara ini pula lahir banyak pengusaha, tuan guru dan lebih khusus lagi, seniman," ujar Hajriansyah, Jumat (31/3/2023).

Ikhwal Nagara, tutur Hajri, perlu disebutkan karena secara eksplisit pameran ini mengambil tajuknya “Dua Nagara”. Nagara dengan demikian adalah sebuah sejarah, sebuah semangat, sebuah inspirasi, dan juga imajinasi yang mempengaruhi cara berpikir dan cara berkarya keduanya. 

Nagara adalah tradisi, dan dari sana, keduanya mengembangkan visi berkreasi yang--mengingat latar belakang keduanya yang "kaya" (Robert Nasrullah juga seprang kaligrafer dan pengasuh beberapa pondok tahfiz di Jogja, sedangkan Hajriansyah juga dikenal sebagai penulis dan pegiat budaya dan keagamaan di Banjarmasin)--cenderung spiritualistik/mistik.

Pameran digelar di Greenhost Boutique Hotel, Jalan Prawirotaman II No.629 Brontokusuman, Mergangsan, Yogyakarta. Pameran akan dibuka oleh Hairus Salim, (seorang budayawan yang juga berdarah Banjar, Direktur YLKIS Yogyakarta), 1 April 2023 pukul 16.00 WIB; dan berlangsung selama kurang lebih sebulan dari tanggal 1 hingga 28 April 2023. (sip)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner