Kampung KB Kota Banjarmasin Upaya Wujudkan Peningkatan Kualitas SDM | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Rabu, 26 Juli 2023

Kampung KB Kota Banjarmasin Upaya Wujudkan Peningkatan Kualitas SDM

BERITABANJARMASIN.COM - Pemerintah Kota (Pemko) Banjarmasin melalui Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Masyarakat (DPPKBPM) Kota Banjarmasin kembali mencanangkan Kampung Keluarga Berkualitas (KB) Kampung Baiman Tahun 2023, bertempat di Jalan Cempaka Raya, Gang Mayang Maurai RT 43, Kecamatan Banjarmasin Barat, Selasa 25/07/2023.

Pencanangan tersebut dilakukan langsung oleh, Staff Ahli Bidang Kerjasama dan Investasi, Iwan Fitriyadi didampingi Kepala DP3A Kota Banjarmasin, M Helfiannor, turut hadir perwakilan Forkopimda Kota Banjarmasin serta jajaran terkait di lingkungan Pemerintah Kota Banjarmasin.

Pada kesempatan itu, Iwan Fitriyadi mencanangkan 2 kampung KB yaitu di Kelurahan Telaga Biru dan Belitung Utara di Kecamatan Banjarmasin Barat. Sehingga saat ini ujarnya, sudah ada 38 Kampung KB Kampung Baiman yang dicanangkan Kota Banjarmasin.

"Kegiatan pencanangan ini merupakan sebuah momentum penting bagi kita semua dalam memperkuat upaya menciptakan lingkungan yang berkualitas serta masyarakat yang sejahtera di Kota Banjarmasin," ucap Iwan Fitriyadi dalam sambutan.

Ia menjelaskan, berdasarkan surat edaran Mendagri pada tahun 2023, perihal optimalisasi penyelenggaraan kampung keluarga berkualitas, bahwa kepada Gubernur dan Bupati serta Wali Kota untuk membentuk kampung keluarga berkualitas sesuai dengan target, yakni sebanyak total 44 kampung keluarga berkualitas di Kota Banjarmasin.

"Pencanangan kampung KB dilaksanakan pada 1 lokasi di setiap kecamatan, dengan mencanangkan 2 atau 3 kampung sekaligus di setiap kecamatan," jelasnya.

Iwan mengungkapkan, kampung KB didefinisikan sebagai satuan wilayah setingkat desa atau kelurahan, dimana terdapat integrasi dan konvergensi pada penyelenggaraan pemberdayaan dan penguatan institusi keluarga dalam seluruh dimensi guna meningkatkan kualitas sumber daya manusia.

"Tujuan dibentuknya kampung KB kampung baiman ini secara umum adalah untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia, keluarga dan masyarakat," ujarnya.

"Semoga dengan terbentuknya kampung KB kampung baiman pada kelurahan Telaga Biru dan Belitung Utara ini manfaatnya dapat dirasakan langsung oleh masyarakat, sehingga dapat turut mengoptimalkan upaya penguatan dan pemberdayaan institusi pembangunan keluarga yang lebih berkualitas di Kota Banjarmasin," tutupnya. (Diskominfotik - Bjm)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner