Kurangi Polusi dan Kemacetan, Kadishub Kalsel Harap BTS Trans Banjarbakula Makin Diminati | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Rabu, 26 Juli 2023

Kurangi Polusi dan Kemacetan, Kadishub Kalsel Harap BTS Trans Banjarbakula Makin Diminati

BERITABANJARMASIN.COM - Angkutan transportasi massal (publik) seperti 
Bus BTS Trans Banjarbakula di Kalsel diharapkan semakin dimininati masyarakat untuk pergi ketempat kerja maupun ke sekolah hingga hari ini (26/7/2023).

"Kami harap masyarakat dan pelajar bisa terbiasa untuk menggunakan angkutan massal yang telah disediakan Pemprov," ujar Fitri.

Menurut Fitri banyak hal positif yang didapatkan jika masyarakat mulai terbiasa menggunakan transportasi massal. Pertama 
lingkungan hidup lebih terjaga dengan pengurangan emisi gas buang dari mobil maupun kendaraan roda dua.

Kemudian jika masyarakat sudah terbiasa dengan transportasi massal, kata Fitri menjaga keasrian kota dan tidak perlu banyak memperlebar jalan untuk mengatasi kemacetan.

"Contohnya sabtu-minggu di Ibu Kota Banjarbaru sudah macet parah, kalau masyarakat tidak berpindah ke angkutan umum, lima tahun kedepan lalu lintas akan stagnan susah untuk jalan," paparnya.

Menurut Fitri harga yang dibayarkan untuk Bus BTS Trans Banjarbakula per orangnya juga cukup terjangkau untuk masyarakat umum dikenakan tarif Rp4 ribu dan pelajar Rp2 ribu. 

"Beberapa BTS juga sudah ramah difabel, ini juga dibantu dengan program yang disosialisasikan tarif difabel dan lansia 50 persen dari harga umum," terangnya.

Adapun saat ini kata Fitri Kalsel menduduki peringkat II dari 10 provinsi yang mendapatkan program BTS dengan perhitungan load factor mencapai 62 persen pada saat jam kerja dan kosong.

"Peringkat kita hanya dibawah Bogor yang memang banyak masyarakat dan pelajar yang terbiasa dengan angkutan umumnya," ucapnya. (maya/sip)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner