Lantik Ketua YAI Cabang Banjarbaru dan Batola, Ibnu Sina: Bantu Cegah dan Tangani Penyakit Asma | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Sabtu, 01 Juli 2023

Lantik Ketua YAI Cabang Banjarbaru dan Batola, Ibnu Sina: Bantu Cegah dan Tangani Penyakit Asma

BERITABANJARMASIN.COM - Ketua Yayasan Asma Indonesia (YAI) Provinsi Kalsel Ibnu Sina melantik ketua YAI Cabang Banjarbaru dan Batola, disalah satu hotel, Jumat (30/6/2023).

Ibnu mengatakan bahwa dengan dilantiknya kepengurusan YAI tersebut bisa menjalankan program baik pencegahan maupun penanganan asma di kabupaten/kota.

"Tahun ini ada dua lagi cabang akan dilantik minimal ada lima kepengurusan YAI di Kalsel," ujarnya.

Dengan bertambahnya kepengurusan YAI di Kalsel kata Ibnu bisa memberikan edukasi dan pengetahuan tentang pentingnya pencegahan penyakit paru dan asma.

Untuk itu bagi seluruh pengurus cabang kata ia bisa melakukan kolaborasi terhadap Dinas Kesehatan (Dinkes) masing - masing wilayah dalam pelaksanaan program kerja. "Agar pasien - pasien penderita asma terbantu untuk pulih kembali sehat," ucapnya.

Berdasarkan laporan Dinkes Banjarmasin tercatat ada sekitar 0,5 persen atau 3.500 jiwa dari jumlah penduduk merupakan pengidap penyakit asma.

Hal itu kata ibnu menjadi atensi pihaknya agar penanganan lebih baik. Seperti salah satu upaya yang saat ini tengah dilakukan yakni melaksanakan senam asma.

"Agar peregangan otot saluran pernapasan bisa berjalan dengan baik," ucapnya.

Apalagi lanjutnya saat ini ditengah kabut asap yang mulai merambah ke kawasan kota, yang berdampak pada kesehatan pernapasan. Ia pun mengimbau agar masyarakat menggunakan masker saat beraktivitas diluar ruangan dikala kabut asap mulai terasa.

Pasca dilantik Ketua YAI Cabang Banjarbaru, Dr Rinah Dharmawati mengaku siap menjalankan amanah yang telah diberikan kepadanya.

Ia pun bersama kepengurusan lainnya akan segera melakukan koordinasi dan program kerja yang telah ditentukan.

"Terutama sosialisasi senam asma dikalangan masyarakat Banjarbaru," sebutnya.

Sebab kata ia asma bisa menyerang siapa saja tak terkecuali anak - anak. Sehingga edukasi ke sekolah juga akan dilakukannya guna memberi pemahaman pencegahan dan penanganannya.

Ia menambahkan meski penyakit asma tidak menular, namun tetap harus mendapatkan perhatian masyarakat. (arum/maya)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner