Stadion 17 Mei Banjarmasin Masih Belum Penuhi Standar PT LIB | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Sabtu, 22 Juli 2023

Stadion 17 Mei Banjarmasin Masih Belum Penuhi Standar PT LIB

BERITABANJARMASIN.COM - Ketua Komisi IV DPRD Kalsel, HM Lutfi Saifuddin mengharapkan Stadion 17 Mei di Banjarmasin pada 2024 mendatang sudah dapat digunakan untuk pertandingan Liga 1 Indonesia.

"Saat ini masih belum memenuhi standar yang ditetapkan oleh PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku pelaksana Liga 1 Indonesia," ujarnya.

Hal ini kata Lutfi setelah pihaknya bertemu dengan PT LIB, dan meminta untuk melengkapi fasilitas pendukung di dalamnya terutama pada penerangan.

Dimana saat ini penerangan yang dimiliki Kalsel hanya sampai 600 lux. Sedangkan yang dibutuhkan untuk pencahayaan stadion pada pelaksanaan Liga 1 Indonesia minimal 
1200 lux. 

"Jadi pencahayaan harus ditingkatkan dua kali lipat agar tidak ada bayangan yang mengganggu saat permainan berlangsung," jelasnya.

Adapun untuk anggaran sarana dan prasarana di Stadion 17 Mei lanjut Lutfi masih dibahas dan diperhitungkan terutama pada fasilitas penerangan yang memerlukan biaya tinggi.

"Untuk satu lampu itu mencapai Rp50 hingga Rp70 juta. Jadi kemungkinan disiapkan Rp5 miliar lebih untuk keseluruhan penerangan stadion," paparnya.

Sementara itu, PT LIB kata Lutfi juga mewajibkan agar disekeliling lapangan stadion menggunakan iklan LED atau sering disebut iklan berjalan.

Kemudian untuk pengelola stadion saat ini belum ditentukan, karena masih tahapan pembangunan maka masih dipegang oleh Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kalsel. Kedepan kata Lutfi bisa saja diserahkan kepada pihak ketiga atau membentuk badan pengelola.

Menanggapi hal tersebut, Kadispora Kalsel Hermansyah mengatakan untuk pengelola saat ini masih pada Dispora. Jika stadion sudah selesai akan dibicarakan apakah dibentuk 
Badan Layanan Umum Daerah (BLUD).

"Jika BLUD maka pemasukan langsung ke kas daerah dan mereka bisa langsung mengelola baik pemeliharaan maupun perbaikan," ucapnya.

Adapun untuk pemenuhan fasilitas pendukung Stadion 17 Mei, Hermansyah akan menyampaikan ke Dinas PUPR Kalsel agar bisa masuk prioritas di tahun 2024.

"Sesuai target tahun 2024 Stadion 17 Mei selesai dan dapat digunakan. Jadi penerangan hingga iklan LED harus disiapkan," katanya. (maya/sip)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner