Berkarya di “Laku dalam Ruang” PKN 2023, Banjarmasin Usung Pasar Terapung Muara Kuin | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Rabu, 16 Agustus 2023

Berkarya di “Laku dalam Ruang” PKN 2023, Banjarmasin Usung Pasar Terapung Muara Kuin

BERITABANJARMASIN.COM - Banjarmasin menjadi salah satu tempat pelaksanaan kegiatan Laku dalam Ruang, sebagai bagian dari Pekan Kebudayaan Nasional 2023.

Hal tersebut disampaikan seniman Gita Kinanti, Senin (14/8). Dirinya bersama Excelsior Dance Project (EDP) Banua menjadi mitra lokal dalam kegiatan.

Laku dalam Ruang sendiri merupakan salah satu program kuratorial Laku Hidup Pekan Kebudayaan Nasional 2023 yang dihelat Direktorat Jenderal Kebudayaan Kemendikbud-Ristek. 

"Laku dalam Ruang" merupakan program residensi untuk seniman yang berada di tahap perkembangan karir (emerging-middle) dari beragam media dan disiplin. 

Sederhananya, akan ada seniman dari luar daerah yang datang ke Banjarmasin untuk melakukan proses kreatif untuk beberapa pekan. Ruang publik menjadi sasaran pembacaan mereka.

"Program ini berupaya untuk menciptakan pengalaman kreatif yang menginspirasi, merangsang refleksi, dan membuka ruang dialog antara seniman, ruang publik, dan masyarakat," kata Gita. 

Adapun ruang publik yang dijadikan sorotan para seniman tersebut adalah Pasar Terapung Muara Kuin.

Ada dua seniman yang telah dipilih untuk mengikuti kegiatan ini di Banjarmasin, yakni Yeni Wahyuni dari Sumatera Barat dan Rusdi Hendra dari Yogyakarta. Kedua seniman itu dipilih oleh tiga kurator, yakni Taufik Darwis, Josh Marcy Yola Yulfianti.

Yeni dan Rusdi direncanakan memulai kegiatan di Banjarmasin pada 18 Agustus 2023. Mereka dijadwalkan melakukan proses kreatif selama tiga pekan.

Selain di Banjarmasin, kegiatan ini juga dilaksanakan di  Lampung, Tanah Datar, Bekasi, Solo, Samarinda, Makassar, Timika, dan Jayapura.

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner