Catatan Seni: Soal Pertarungan yang Tidak Selalu Kalah dan Menang | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Senin, 07 Agustus 2023

Catatan Seni: Soal Pertarungan yang Tidak Selalu Kalah dan Menang

Pertarungan. Tiada satupun keindahan yang dibenarkan untuk berdiri di atas musuh anda dan bebas menebas hatinya. Angin yang sama yang menumbangkan pepohonan membuat rumput bersinar.
_______________________________
Badri Hurmahsyah, S.Pd, M.Sn

Angin yang agung menyukai kelemahan
dan rendahnya rumput. Jangan pernah membual untuk menjadi kuat. Kapak tidak mengkhawatirkan seberapa tebal cabangnya dan itu dapat memotongnya berkeping-keping. Tapi bukan daunnya. Ia meninggalkan daunnya sendiri, kata Jalaludin Rumi

Anda mungkin tidak tahu seberapa beratnya sebuah pilihan. Seberapa banyak orang yang berpikir bijak tentang keindahan. Apa keindahan itu?

Apakah keindahan itu sebuah pertarungan?
Ini pertanyaan untuk diri saya sendiri, ketika beberapa waktu silam saya menjadi juri sebuah perhelatan seni mural. 

Saya tau bagaimana ruang lingkup penciptaan seni. Bahwa kelahiran karya seni tidak di peruntukan untuk kemenangan dan kekalahan'.
Seni merupakan ruang ekspresi yang utuh. Memaknai dan memahami ruang lingkup kehidupan.

Berapa banyak orang yang terjebak dalam pemikiran yang membuat seni itu sangat kecil (kalah dan menang). Tidak ada jaminan nilai dalam kekalahan dan kemenangan. Untuk itulah perlu suatu visi, cara pandang membangun dan menuju keindahan dalam  seni yang mendasari nilai kehidupan.

Sebab segala bentuk karya seni, ialah juga menjadi ruang  nilai dari keindahan itu. memaknai menjadi sesuatu yang baik. Demikianlah seni itu tampak akan selalu indah dan bernilai.

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner