Turun Langsung ke Desa, Paman Birin Absen Rapat Paripurna Harjad ke-73 Kalsel | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Kamis, 10 Agustus 2023

Turun Langsung ke Desa, Paman Birin Absen Rapat Paripurna Harjad ke-73 Kalsel

BERITABANJARMASIN.COM - Ada yang berbeda dalam rapat paripurna dengan agenda Hari Jadi (Harjad) ke-73 Provinsi Kalsel, Rabu (9/8/2023).

Pasalnya dalam paripurna tersebut tak nampak Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor dan hanya dihadiri Wakil Gubernur Kalsel, Muhidin.

Ketua DPRD Kalsel, Supian HK menyampaikan ketidakhadiran gubernur karena paman birin kelelahan usai mengikuti turun ke desa (Turdes) yang dilaksanakan pada 3--8 Agustus 2023 di 13 kab/kota.

Dimana Turdes ini bertujuan untuk menangani inflasi dan stunting serta perekaman e-KTP dengan mengunjungi masyarakat desa yang berada di wilayah pedalaman. "Beliau mungkin kelelahan, saya rasa tidak ada masalah karena wakil gubernur hadir di paripurna," paparnya.

Menurut Supian, agenda Turdes itu mempunyai manfaat untuk membantu menangani permasalahan rakyat yang ada di banua dengan jemput bola langsung turun ke lapangan. 

"Disisa masa jabatan satu tahun terakhir beliau ini, dimanfaatkan untuk menyapa dan ada untuk masyarakat," jelasnya.

Sementara itu, Pemprov Kalsel memberikan apresiasi atas sinergi yang baik dari DPRD Kalsel sehingga banyak penghargaan yang diterima.

Pada sambutannya yang dibacakan oleh Wakil Gubernur Kalsel, Muhidin mengatakan selama 7 tahun terakhir ini tidak kurang dari 183 penghargaan telah berhasil diraih oleh Pemprov Kalsel. 

Pada tahun ini lanjutnya, Kalsel juga meraih
dua penghargaan bergengsi yakni penghargaan Satyalancana Wira Karya bidang pertanian, terkait inovasi program "SISKA KU INTIP" dan penghargaan Satyalancana Wira Karya bidang pembangunan keluarga, kependudukan, dan keluarga berencana, terkait inovasi dalam penanganan penurunan stunting.

"Ini wujud dari tekad dan kerja keras seluruh jajaran Pemprov Kalsel baik eksekutif maupun legislatif," terangnya. 

Adapun Tema dari HUT ke-73 Provinsi Kalsel ini mengambil Tema“Rakat Basindat, Junjung Martabat, Banua Babarakat yang mencerminkan nilai-nilai kebersamaan, semangat untuk senantiasa menjunjung tinggi martabat dan derajat dengan harapan agar daerah kini senantiasa dalam lindungan Allah SWT.

"Ini jadi semangat kita untuk bersatu dan berjuang untuk merawat nilai-nilai luhur yang telah diwariskan oleh para pendahulu kita," paparnya.

Melalui momentum ini pula, pihaknya juga mengajak untuk merefleksi perjalanan panjang dan mengevaluasi pencapaian-pencapaian yang diraih serta memantapkan niat, optimisme, dan komitmen untuk mewujudkan masa depan Provinsi Kalsel yang lebih baik. (maya/sip)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner