Dewan Kalsel: Perlu Program Pencegahan untuk Tangani Karhutla | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Sabtu, 09 September 2023

Dewan Kalsel: Perlu Program Pencegahan untuk Tangani Karhutla

BERITABANJARMASIN.COM - Masalah Kebakaran Hutan (Karhutla) di sejumlah wilayah Kalsel turut direspon oleh DPRD Kalsel.

Wakil Ketua DPRD Kalsel, M Syaripuddin 
mengatakan beberapa ikhtiar telah dilakukan pemprov seperti menggelar salat Istisqa dan doa bersama meminta hujan guna mengatasi Karhutla. 

Pemprov Kalsel menggelar shalat Istisqa dipusatkan di Mesjid Agung Al Mukaromah, Martapura Kabupaten Banjar, pada Kamis (7/9/2023) untuk meminta pertolongan mengatasi karhutla dan kondisi kemarau yang tengah dihadapi saat ini.

"Tentu kami berterima kasih atas dukungan semua pihak baik tokoh agama, ulama dan masyarakat yang ikut terlibat," ujarnya. 

Menurutnya untuk bisa menangani permasalahan Karhutla ini, tidak hanya peran Pemprov Kalsel namun juga diperlukan peran serta pemerintah daerah di kab/kota serta masyarakat.

Terpenting kata Bang Dhin, perlu dipikirkan bagaimana mengatasi masalah Karhutla ini agar jangan sampai berlarut-larut dengan membuat program pencegahan kebakaran hutan maupun lahan untuk jangka menengah dan panjangnya.

"Langkah ini yang perlu dibuat program agar hal serupa dapat diminimalisir bahkan tidak terjadi lagi," katanya. (maya/sip)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner