Pemkot Banjarmasin Bakal Hadirkan Layanan Deteksi Dini Kanker Bagi Anak Usia Sekolah | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Sabtu, 16 September 2023

Pemkot Banjarmasin Bakal Hadirkan Layanan Deteksi Dini Kanker Bagi Anak Usia Sekolah

BERITABANJARMASIN.COM - Pemerintah Kota Banjarmasin wacanakan layanan deteksi dini terhadap potensi penyakit kanker dan penyakit lainnya melalui tes urine kepada anak sekolah.

Wacana itu dibeberkan langsung Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina bahwa semua anak sekolah bakal dicek secara sederhana agar bisa diketahui sedini mungkin potensi penyakit.

"Ini terobosan pengetahuan baru yang diperoleh saat perjalanan kerja di Negara Jepang beberapa waktu lalu," ujarnya, Kamis (14/9/2023).

Menurut Ibnu, pemeriksaan dini sangat penting pada anak terutama di usia emasnya. Hingga potensi penyakit yang bakal diderita bisa diantisipasi.

Dengan begitu lanjut Ibnu, ratusan ribu anak di Kota Banjarmasin bisa terselamatkan sebelum penyakit yang di derita anak lebih parah pada saat dewasa nanti.

"Jadi dengan tes urine terhadap anak-anak sekolah, banyak hal yang bisa kita cegah ketika nanti mereka dewasa," jelas ia.

Ia menambahkan pemeriksaan akan menyasar anak-anak sekolah di jenjang SD maupun SMP yang ada di Kota Seribu Sungai nantinya.

Dimana rencananya layanan itu akan dilaunching bertepatan pada Hari Jadi (Harjad) ke-497 Kota Banjarmasin. (arum/maya)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner