Dinsos Banjarmasin Target 100 Unit Rumah Dapat Bantuan RS- Rutilahu 2024 | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Senin, 05 Februari 2024

Dinsos Banjarmasin Target 100 Unit Rumah Dapat Bantuan RS- Rutilahu 2024

BERITABANJARMASIN.COM - Dinas Sosial Banjarmasin siapkan kuota 100 unit rumah mendapat bantuan Rehabilitasi Sosial Rumah Tidak Layak Huni (RS-Rutilahu) tahun 2024.

Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kota Banjarmasin, Dolly Syahbana mengatakan usulan program rutilahu sebelumnya mencapai 400 unit lebih.

"Jadi dari yang disetujui 100 itu antrian tersisa ada sekitar 325 unit rumah," ucapnya, Jumat (2/2/2024).

100 rumah yang disetujui dalam program rutilahu itu tentunya sudah memenuhi kriteria dan melewati proses validasi data sebelumnya.

Dimana yang jadi prioritas rutilahu adalah rumah dengan kondisi kerusakan cukup parah hingga perlu diperbaiki segera agar layak dijadikan tempat tinggal bagi sang penghuni.

Di samping itu, Dolly tak memungkiri usulan dan realisasi program rutilahu di tahun ini jauh lebih banyak jika dibandingkan 2023.

Hal itu terjadi karena banyaknya usulan masuk di dinasnya seiring dengan adanya pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

"Jadi banyak usulan mendadak masuk dari warga dan anggota dewan. Tapi sesuai SOP kita, setahun sebelumnya diusulkan dulu, baru bisa," jelas ia.

100 unit rumah yang masuk program rutilahu itu sendiri lanjutnya, tersebar di seluruh wilayah Kota Banjarmasin. Namun memang paling banyak ada di wilayah Kecamatan Banjarmasin Selatan.

Adapun untuk anggaran biaya untuk program rutilahu tahun ini mengalami kenaikan hingga Rp5 juta setiap rumah.

"Dulu Rp25 juta sekarang jadi Rp30 juta setiap rumah. Dihitung-hitung 100 rumah anggarannya Rp3 miliar," pungkasnya. (arum/sip)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner