Edukasi Deteksi Dini Kanker, Wali Kota Banjarmasin Buka Seminar Awam World Cancer Day 2024 | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Minggu, 25 Februari 2024

Edukasi Deteksi Dini Kanker, Wali Kota Banjarmasin Buka Seminar Awam World Cancer Day 2024

BERITABANJARMASIN.COM - Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina buka Seminar Awam World Cancer Day (WCD), di Ballroom Galaxy Hotel, Sabtu (24/2/2024).

Menurut Ibnu, pentingnya pencegahan penyakit kanker sangat diperlukan. Seperti dilakukan deteksi dini agar segeranya bisa diobati. 

"Pengobatan kanker sejak dini lebih mudah untuk sembuh. Namun rata-rata di kita itu pengobatannya stadium lanjut atau terlambat hingga tidak bisa diatasi lagi," tuturnya 

Upaya deteksi dini sendiri lanjutnya, sudah beragam caranya dan lebih praktis dengan teknologi canggih yang sudah ada.

"Kembali kepada kesadaran dan upaya pencegahan ini harus dilakukan bersama-sama. Tidak bisa saya saja," ujarnya.

Tentunya dari Pemkot Banjarmasin terus berupaya agar layanan kesehatan untuk pengobatan kanker mudah diakses. Dimana saat ini pemkot sudah memiliki layanan jemput antar kepada pasien kanker yang ingin berobat.

"Tak jarang ada penderita kanker itu membuat dia dan keluarga pasrah. Jadi layanan ini memudahkan mereka untuk berobat ke rumah sakit," akhirnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Banjarmasin, Tabiun Huda memaparkan penderita paling banyak itu pada jenis kanker payudara yang merupakan penyakit pembunuh pertama pada perempuan. "Pembunuh kedua perempuan adalah kanker serviks," ungkap Tabiun.

Adapun pada 2023 lalu, terdata penderita kanker payudara ada 79 kasus dan penderita kanker serviks 24 orang. "Belum lagi kanker jenis lain. Jumlah itu cukup banyak," imbuhnya.

Tentunya senada dengan Wali Kota Banjarmasin, deteksi dini menjadi upaya pencegahan kanker dengan peluang penyembuhan cukup besar.

"Jadi lebih baik memeriksa diri seperti IVA tes dan lainnya untuk mendeteksi dini kanker agar bisa terobati segera. Jangan sampai terlambat," akhirnya. (arum/sip)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner