Hari Dongeng Sedunia di Kalsel, Kurangi Penggunaan Gawai Anak dengan Cerita | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Selasa, 20 Februari 2024

Hari Dongeng Sedunia di Kalsel, Kurangi Penggunaan Gawai Anak dengan Cerita

BERITABANJARMASIN.COM - Memperingati rangkaian Hari Dongeng Sedunia 2024, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kalsel menggelar kegiatan dongeng yang menyasar kepada TK (Taman Kanak-Kanak).

Kegiatan tersebut menghadirkan pendongeng anak, Iman Surahman atau akrab disapa Ka Iman yang digelar di Aula Dispersip Kalsel Senin (19/2/2024). Dalam paparannya beliau menekankan pentingnya dongeng bagi anak usia dini. 

"Mendongeng itu adalah salah satu alternatif yang kita tularkan ke semua orang tua sebagai perlawanan atau pertahanan anak dari pengaruh gadget," paparnya.

Sebab lanjutnya, semua orang dewasa juga belum sanggup untuk membantengi maraknya pengaruh gadget. Padahal menurutnya ketika orang tua bisa membuat anak berimajinasi dan fokus lewat bercerita maka benda kecil yang bernama gadget itu bisa dialihkan. 

"Anak-anak sudah bukan saatnya menerima informasi tetapi menyaring informasi dan orang tua punya peran itu," ucapnya.

Bertepatan dengan rangkaian hari dongeng sedunia, ia berharap anak-anak semakin suka dengan cerita dongeng. "Karena namanya dongeng itu menyampaikan pesan dengan cara menyenangkan dan tidak menakuti, tidak menekan ataupun mengancam," paparnya.

Sementara itu, Kabid Pelayanan dan Pembinaan Perpustakaan Dispersip Kalsel, Adethia Hailina mengatakan, ada 19 TK di lingkup Banjarmasin dan Kabupaten Banjar yang mengikuti kegiatan dongeng tersebut.

Dengan kegiatan ini terangnya, dapat membangun jembatan komunikasi melalui anak-anak dengan harapan mereka nantinya dapat mengatasi perbedaan tanpa harus terjadi perpecahan, mengingat banyaknya terjadi konflik di dunia saat ini. (maya/sip)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner