Perpusnas RI Dukung Peningkatan Budaya Baca di Kalsel | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Jumat, 16 Februari 2024

Perpusnas RI Dukung Peningkatan Budaya Baca di Kalsel

BERITABANJARMASIN.COM - Plt Kepala Perpusnas RI, Prof Aminudin Aziz mendukung adanya peningkatan budaya membaca di Indonesia termasuk Kalsel.

Disampaikan Aminudin, untuk memenuhi kebutuhan masyarakat terhadap bacaan, pada tahun ini Perpusnas RI akan menyalurkan buku untuk 10 ribu perpustakaan desa, kelurahan dan Taman Baca Masyarakat (TBM).

"Budaya baca harus dikembangkan lebih awal, 
Kami akan salurkan ribuan buku ke seluruh Indonesia termasuk di Kalsel," ujarnya usai mengikuti Rakor Pengembangan Perpustakaan se- Kalsel yang berlangsung dari Kamis (15/2/2024) hingga Jumat (16/2/2024) di Banjarmasin.

Selain itu, Perpusnas RI lanjutnya, juga akan melakukan pendataan perpustakaan sekolah di tahun ini terkait bagaimana kondisinya dan akan disampaikan kepada Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas).

Sementara itu, Gubernur Kalsel diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesra Kalsel, Nurul Fajar Desira menyampaikan siap mendukung program pusat untuk kemajuan literasi.

"Kami sudah menyatakan komitmen dengan Perpunas RI untuk meningkatkan budaya baca, kalau perlu Kalsel jadi balai projeknya," ucapnya.

Kepala Dispersip Kalsel, Nurliani Dardie mengungkapkan terkait bantuan buku dari pusat tadi, pihaknya akan menjalin kerja sama dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD). 

"Karena salah satu poin penilaian desa mandiri adalah harus mempunyai perpustakaan," jelasnya. (maya/sip)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner