100 Unit Rumah Bakal Dapat Bantuan Rutilahu, Paling Banyak di Banjarmasin Barat dan Selatan | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Rabu, 22 Mei 2024

100 Unit Rumah Bakal Dapat Bantuan Rutilahu, Paling Banyak di Banjarmasin Barat dan Selatan

BERITABANJARMASIN.COM - Program Renovasi Rumah Layak Huni (Rutilahu) 2024 bakal dimulai Juni 2024.

Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kota Banjarmasin, Dolly Syahbana mengatakan ada 100 rumah yang sudah terdaftar sebagai penerima manfaat program Rutilahu. "Setelah refocusing anggaran selesai baru kita laksanakan," kata Dolly, Rabu (22/5/2024).

Dibeberkan Dolly, untuk biaya renovasi tahun ini mengalami kenaikan. Sekarang naik menjadi Rp30 juta per unit. Menurutnya, naiknya biaya renovasi berdasarkan pertimbangan harga bahan bangunan yang mungkin mengalami kenaikan. "Upah tukang sekitar Rp6 juta," imbuhnya.

Dari 100 unit rumah itu lanjut Dolly, pihaknya menganggarkan sebesar Rp3 miliar melalui Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) murni 2024.

Ia juga menjelaskan masih ada sebanyak 225 antrean rumah untuk program Rutilahu dari usulan 335 yang masuk. Rata - rata penerima bantuan Rutilahu ada di wilayah Kecamatan Banjarmasin Barat dan Kecamatan Banjarmasin Selatan.

"Panjangnya antrean Rutilahu karena memang banyak rumah tua dan kurang layak huni terutama di kawasan pinggiran kota," tandasnya.

Apalagi tambahnya di kawasan bantaran sungai banyak rumah yang alami kerusakan yang berada di jalur hijau. Namun tidak bisa serta merta di masukkan dalam daftar penerima manfaat bantuan Rutilahu. "Kami terus berupaya membantu masyarakat dengan jalannya program ini," pungkasnya. (arum/sip)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner