Jemaah Haji Berangkat Besok, Kemenag Kalsel Prioritaskan Pelayanan Lansia | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Sabtu, 11 Mei 2024

Jemaah Haji Berangkat Besok, Kemenag Kalsel Prioritaskan Pelayanan Lansia

BERITABANJARMASIN.COM - Jemaah Haji Embarkasi Banjarmasin mulai memasuki Asrama Haji pada hari ini dan akan diberangkatkan melalui Bandara Syamsudin Noor, Minggu (12/5/2024).

Kepala Kantor Kemenag Kalsel sekaligus Ketua PPIH Embarkasi Banjarmasin, Muhammad Tambrin memastikan jemaah haji khususnya lansia bisa terlayani dengan baik.

"Pelaksanaan ibadah haji 2024 ini mengambil tagline Ramah Lansia, jadi kami berikan layanan khusus untuk mereka," ujarnya.

Layanan khusus yang diberikan tersebut mulai dari waktu pelaksanaan manasik, di Embarkasi maupun di Pesawat dan pada saat pelaksanaan ibadah haji di tanah suci nantinya.

Saat berada di asrama haji, Tambrin mengatakan para haji lansia mendapatkan pemeriksaan Kesehatan di ruang khusus terpisah dengan jamaah haji lainnya.

"Mereka juga tidak perlu mengikuti acara seremoni penerimaan jemaah haji yang dilakukan di Aula Makkah," ucapnya.

Kemudian untuk penyerahan dokumen paspor dan kartu identitas jemaah haji akan langsung diantar petugas yang mendatangi ke kamar para lansia sehingga tidak perlu ikut antre.

Selain itu, jemaah haji juga mendapatkan living cost sebesar 750 riyal atau Rp3.375.000 jika dirupiahkan.

Tambrin berpesan kepada para jemaah lansia untuk menguatkan diri baik fisik maupun rohani dalam menjalani rangkaian haji di tanah suci. 

“Harapannya para jemaah bisa selalu disehatkan dalam melaksanakan ibadah dan mendapat haji yang mabrur,” ucapnya.

Untuk diketahui, jemaah haji yang sudah berada di asrama haji hari ini merupakan kloter 1 dari Kabupaten Banjar dengan jumlah jemaah 320 orang, rincian 315 jemaah haji dan 5 petugas kloter terdiri dari 1 ketua kloter, 1 pembimbing ibadah dan 3 petugas dari Nakes yang terdiri dari 1 dokter dan 2 perawat. 

Untuk jumlah keseluruhan yang akan diterbangkan dari Embarkasi Banjarmasin berjumlah 5.759 dengan rincian jemaah haji Kalsel sebanyak 4.071 dan jemaah haji dari Kalteng sebanyak 1.688. 

Ada sebanyak 19 Kloter yang akan diberangkatkan, dengan rincian 13 Kloter jemaah Kalsel dan 5 Kloter jemaah Kalteng dan 1 Kloter gabungan dengan jemaah dari Medan. (maya/sip)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner