Lomba Motif Sasirangan Pesona Seribu Sungai Diikuti Puluhan Perajin Sasirangan Banjarmasin | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Senin, 06 Mei 2024

Lomba Motif Sasirangan Pesona Seribu Sungai Diikuti Puluhan Perajin Sasirangan Banjarmasin

BERITABANJARMASIN.COM - Disperdagin bekerjasama dengan Dekranasda Kota Banjarmasin gelar sosialisasi lomba desain motif sasirangan, di rumah kemasan, Sabtu (4/5/2024).

Kepala Disperdagin Kota Banjarmasin, Ichroom Muftezar mengatakan bahwa kegiatan tersebut merupakan rangkaian acara Banjarmasin Sasirangan Festival (BSF) bakal digelar pada Juni 2024.

"Nanti pada pelaksanaan sosialisasi itu akan disampaikan teknis lomba motif sasirangan oleh ketua bidang pembinaan Dekranasda," ujarnya.

Lomba motif sasirangan sendiri ujar Tezar bertujuan bisa menciptakan karya baru sesuai tema yang ditentukan yakni "Pesona Seribu Sungai".

Tema ini nantinya tercipta karya - karya bagus yang baik dari para perajin ikut serta dalam perlombaan nantinya.

Adapun target peserta ditahun ini sebanyak 50 yang terdiri dari pengrajin baru maupun peserta sebelumnya pernah ikut perlombaan tersebut.
"Alhamdulillah tahun ini ada 54 peserta yang sudah mendaftar," imbuhnya.

Untuk ketentuan peserta ikut lomba tersebut sebutnya bagi pengrajin yang sudah pernah meraih juara pertama ditahun sebelumnya, tidak diperkenankan lagi mengikuti.

Namun, lanjutnya diperkenankan bagi para peserta yang sebelumnya meraih peringkat 2 dan 3 di perlombaan tahun lalu.

"Bagi peserta baru mengikuti perlombaan harus memberikan fakta integritas bahwa hasil karya yang diciptakan karya mereka sendiri," jelas ia.

Sedangkan perlombaan sendiri dimulai usai sosialisasi tersebut dimana mereka akan membuat kain sasirangan, yang akan dinilai saat mendekati atau berbarengan pelaksanaan BSF.

Salah satu pengrajin sasirangan Ahmad Bustani mengaku sudah seringkali mengikuti perlombaan itu. Meski pria paru baya itu tidak berhasil menjadi juara.

Namun tekad untuk terus berpartisipasi diperlombaan nantinya menjadi motivasi bagi dirinya jadi salah satu peserta kembali. "Mudah - mudahan kali ini bisa menang," ungkapnya.

Ia menambahkan bahwa adanya perlombaan motif sasirangan sangat membantu para pangrajin di Banjarmasin untuk memperkenalkan namanya.

Sehingga ia pun berharap diajang perlombaan kali ini ia bisa membawa pulang tropi juara. (arum/sip)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner