Sukeskan Revitalisasi Bahasa Daerah, Wali Kota Banjarmasin Terima Penghargaan Kemendikbudristek RI | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Jumat, 03 Mei 2024

Sukeskan Revitalisasi Bahasa Daerah, Wali Kota Banjarmasin Terima Penghargaan Kemendikbudristek RI

BERITABANJARMASIN.COM - Keberhasilan Pemkot Banjarmasin melalui Dinas Pendidikan (Disdik) mensukseskan revitalisasi bahasa daerah di Kota Banjarmasin, rupanya menjadi perhatian dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) RI.

Bahkan, pada Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2024  (2/5/2024) Kemendikbudristek menyerahkan penghargaan langsung ke Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina di Jakarta. 

"Itu penghargaan kepada pemerintah daerah yang telah berhasil melakukan Revitalisasi Bahasa Daerah pada tahun 2023. Penghargaan dari Badan Bahasa itu, diserahkan langsung oleh Mendikbudristek," papar Kepala Dinas Pendidikan Kota Banjarmasin, Nuryadi Kamis (2/5/2024).

Selama ini kata dia, revitalisasi bahasa daerah di Banjarmasin sudah cukup baik. Pihaknya turut melakukan pengimbasan kepada guru-guru melalui bimbingan teknis untuk menguatkan bahasa banjar bagi siswa.

"Seperti melaksanakan Festival Tunas Bahasa Ibu (FTBI) tingkat kota yang melibatkan siswa, guru dan masyarakat umum pada momen hari jadi kota Banjarmasin, kemudian mengirimkan delegasi peserta didik pada festival Tunas Bahasa Ibu tingkat provinsi yang menjadikan Banjarmasin sebagai juara umum dan menghasilkan 6 peserta yang menjadi utusan ke FTBI nasional," beber Nuryadi.

Tal hanya itu, Pemko ujarnya juga membuat Peraturan Walikota (Perwali) nomor 86 tahun 2023, tentang kurikulum muatan lokal yang menjadi dasar hukum penguatan bahasa Daerah di satuan pendidikan.

"Dan tentu kita juga menyediakan buku muatan lokal kepada seluruh sekolah yang menguatkan pembelajaran muatan lokal di sekolah," ujarnya.

Nuryadi bilang, kedepan dengan adanya pengharhaan itu, Disdik Kota Banjarmasin akan semakin menguatkan program yang terkait penguatan bahasa daerah.

"Kami akan terus menjadikan FTBI ini menjadi agenda rutin sebagai ajang untuk menguatkan program Revitalisasi Bahasa Daerah. Terus melakukan penguatan kapasitas guru untuk bisa melakukan pengajaran bahasa daerah bagi siswa," tutup Nuryadi. (Diskominfotik - Bjm)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner