Angkat Budaya Lokal, Film Pendek 'Dialektika di Ujung Joran' Raih Juara Pertama | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Sabtu, 01 Juni 2024

Angkat Budaya Lokal, Film Pendek 'Dialektika di Ujung Joran' Raih Juara Pertama

BERITABANJARMASIN.COM - Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kalsel mengumumkan juara kompetisi film pendek dengan Tema "Literasi dan Perpustakaan" pada Kamis (30/5/2024).

Juara pertama diraih film pendek berjudul 'Dialektika di Ujung Joran' karya Dapur Budaya HSS yang diwakili M Aditya Rahmaniardi saat menerima penghargaan dari Dispersip Kalsel.

Aditya mengtakan film pendek ini diproduksi selama 2 minggu lamanya dengan mengangkat budaya lokal yang ada di masyarakat khususnya di wilayah Kabupaten HSS.

"Kami mengambil isu yang dekat dengan budaya seperti paunjunan, warung yang menjadi pusat informasi masyarakat," jelasnya.

Ia mengatakan dalam membuat film pendek ini harus didasari bagaimana literasi dan digitalisasi berjalan bersama dan saling bantu. 

"Dalam film ini kami ingin menampilkan sedekat mungkin dengan penonton, menunjukkan visual cagar budaya dan alam serta keadaan sosial daerah HSS," paparnya.

Sementara itu, Kepala Dispersip Kalsel, Nurliani Dardie mengatakan kompetisi film pendek ini bertujuan untuk mempromosikan perpustakaan dan gemar membaca kepada generasi muda saat ini.

Kemudian, tujuan kedua untuk apa meningkatkan kreativitas anak-anak muda di bidang perfilman. 

"Karena saat ini audio visual sangat marak jadi kita fasilitasi," ujarnya.

Ia juga membuka seluas-luasnya untuk anak muda berkreasi dengan memanfaatkan teater ini secara maksimal supaya karay mereka tambah banyak. (maya/sip)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner