Merangkul Para Perajin Sasirangan, BSF ke-8 Segera Digelar | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Sabtu, 22 Juni 2024

Merangkul Para Perajin Sasirangan, BSF ke-8 Segera Digelar

BERITABANJARMASIN.COM - Merangkul para perajin Sasirangan, Banjarmasin Sasirangan Festival (BSF) ke-8 digelar 24--30 Juni 2024.

Diketahui, berbagai macam kegiatan bakal memeriahkan event tahunan yang dilaksanakan Disbudporapar Banjarmasin tersebut.

Mulai dari Opening Ceremony BSF dan Expo, Pameran UMKM Sasirangan, Beauty Land X BSF, Forum Diskusi Sasirangan, Lomba Desain Motif Sasirangan, Fashion Show Sasirangan By APPMI Banjarmasin dan Refleksi 3 Tahun Kepemimpinan Ibnu Sina - Ariffin Noor.

Kemudian Grand Final Pemilihan Putra Putri Sasirangan, Pawai Sasirangan hingga puncaknya pada tanggal 30 Juni 2024 yaitu Clossing Ceremony BSF dan Fashion Show Sasirangan.

Plt Kadisbudporapar Banjarmasin, Machli Riyadi mengatakan, kegiatan yang masuk di daftar 110 Kharisma Event Nusantara (KEN) 2023 oleh Kemenpar Ekraf RI itu, bakal berbeda dari tahun sebelumnya.

Mengusung tema 'Sasirangan kuno, kini, kena' ini, pihaknya turut mendorong pengolahan sasirangan dengan motif alami berbahan natural.

"Jadi penekanannya yaitu mendorong pelaku usaha agar kembali membumikan dan membuat sasirangan dengan pewarna alami," ujar Machli saat konfrensi pers di Kantor Disbudporapar, Jumat (21/06/2024).

Tak hanya itu, dengan tema yang diangkat dalam kegiatan ini ujarnya, para pelaku usaha pembuat kain sasirangan diminta untuk peduli terhadap lingkungan.

"Jangan hanya memproduksi dengan tekstil yang limbahnya tidak dikelola secara baik," pintanya.

Disisi lain, pelaksanaan BSF tahun ini kata Machli juga berbeda daripada tahun sebelumnya. Karena pihaknya berupaya melakukan efisiensi anggaran, namun tetap melaksanakan kegiatan secara meriah.

Jika tahun lalu sebutnya menggunakan anggaran hingga Rp1,5 miliar. Namun tahun ini hanya menggelontorkan dana sebesar Rp800 juta, dengan kegiatan yang banyak dan hari pelaksanaan yang lebih lama.

Ia menekankan gelaran BSF ini tentunya untuk membangkitkan kembali kegairahan UMKM di Kota Seribu Sungai.

"Karena itu juga salah satu visi Pak Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina yakni menciptakan UMKM baru," imbuhnya.

Tentunya dapat merangsang ekonomi kreatif dengan pagelaran BSF ini, salah satunya gelaran pameran UMKM. Agar dapat membantu masyarakat untuk lebih memperkenalkan usahanya.

Adapub pelaksanaan BSF ke-8 ini diketahui dilaksanakan di dua lokasi. Yakni kawasan Siring Menara Pandang Kota Banjarmasin dan Atrium Duta Mall. (arum/sip)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner