Pembangunan Gedung Baru DPRD Kalsel di Banjarbaru Dimulai | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Rabu, 05 Juni 2024

Pembangunan Gedung Baru DPRD Kalsel di Banjarbaru Dimulai

BERITABANJARMASIN.COM - Pemprov Kalsel melakukan ground breaking tanda dimulainya proyek Gedung DPRD Kalsel dan Rumah Dinas Gubernur baru di kawasan Perkantoran Pemprov Kalsel, Kota Banjarbaru, Rabu (5/6/2024).

Ditandai dengan penekanan tombol sirene oleh Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor bersama Ketua DPRD Kalsel, Supian HK serta didampingi Forkopimda, TNI-Polri dan tokoh agama.

Dalam sambutannya, Sahbirin mengatakan pembangunan infrastruktur baik jalan, jembatan maupun bangunan gedung harus berorientasi untuk memenuhi hajat orang banyak.

"Kami mengucapkan selamat atas dimulainya pembangunan fisik kantor DPRD Kalsel di Banjarbaru," sebutnya.

Paman Birin juga berharap dengan berpindahnya Ibu Kota Negara (IKN) ke Kaltim berdampak baik bagi infrastruktur di Kalsel dengan hadirnya transportasi kereta api di Banua. "Insya Allah pada saat waktunya nanti dapat terwujud," ucapnya.

Supian mengatakan pembangunan gedung dewan baru sejalan dengan berpindahnya Ibu Kota Kalsel ke Banjarbaru, sehingga instansi pemprov yang ada di Banjarmasin harus berpindah termasuk penyelenggara pemilu yakni KPU dan Bawaslu.

"Kami juga mengusulkan rumah dinas bagi anggota dewan di 2025 atau 2026, supaya mobilisasi lebih mudah dan bekerja lebih dekat di Banjarbaru," terangnya.

Lanjutnya, pada gedung baru akan dibangun ruangan untuk masing-masing anggota DPRD Kalsel.

Sementara itu, Kepala PUPR Kalsel, Ahmad Solhan mengatakan, pengerjaan proyek pembangunan gedung baru di 2024 ini akan dilaksanakan selama 225 hari kalender dengan anggaran sekitar Rp48,7 miliar.

"Untuk tahun ini pembangunan pondasi dan strukturnya dulu, sisanya bertahap di 2025 kita lanjutkan," jelasnya.

Solhan mengatakan pembangunan gedung DPRD Kalsel berdasarkan Rancang Bangun Rinci (Detail Engineering Design) untuk keseluruhan memerlukan anggaran Rp264 miliar. 

Diketahui, luas kawasan gedung DPRD yang akan dibangun kurang lebih 2,9 hektare. Mengadopsi desain modern dan kearifan lokal Rumah Adat Gajah Baliku dengan penerapan Green Building. (maya/sip)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner