Tiga Daerah di Kalsel Ini Berpotensi Cuaca Ekstrem | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Senin, 10 Juni 2024

Tiga Daerah di Kalsel Ini Berpotensi Cuaca Ekstrem

BERITABANJARMASIN.COM - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Kalsel meminta tiga daerah di Kalsel mewaspadai cuaca ekstrem hingga hari ini,  Senin (10/6/2024).

Tiga daerah tersebut yakni Kabupaten Kotabaru, Tanbu dan Tala yang berpotensi curah hujan dengan intensitas tinggi hingga terjadinya cuaca ekstrem.

"Curah hujan dengan intensitas sedang sampai tinggi ini kami prediksi terjadi beberapa hari kedepan," ujar Koordinator Bidang Observasi dan Kordinasi Stamet Syamsudin Noor, Dedy Supratono (7/6/2024).

Ia mengatakan, tiga daerah dengan kawasan yang tanahnya labil dan berpotensi curah hujan tinggi tersebut perlu mewaspadai karena bisa mengakibatkan terjadinya longsor.

Ia mengatakan intensitas curah hujan ini terjadi 
akibat ada pola sinkronik di wilayah Filipina dan berdampak terjadinya area perlambatan angin di Kalimantan.

"Sehingga potensi awan-awan hujan lebih banyak terbentuk karena adanya pola sinkronik di wilayah utara Indonesia," sebutnya.

Dirinya menerangkan saat ini masih musim penghujan dan musim kemarau baru akan masuk di pertengahan Juni namun tidak merata untuk seluruh wilayah Kalsel. "Musim kemarau akan lebih dulu dirasakan wilayah Batola, Marabahan, Banjarmasin dan Banjarbaru," jelasnya.

Kemudian secara menyeluruh musim kemarau terjadi antara Juli sampai Agustus di wilayah Kalsel. (maya/sip)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner