Berikan Kemudahan Bagi IKM, Disperdagin Banjarmasin Gelar Sosialisasi Silinas dan e-Katalog | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Selasa, 23 Juli 2024

Berikan Kemudahan Bagi IKM, Disperdagin Banjarmasin Gelar Sosialisasi Silinas dan e-Katalog

BERITABANJARMASIN.COM - Berikan kemudahan untuk Industri Kecil Menengah (IKM), Disperdagin Kota Banjarmasin gelar sosialisasi Sistem Informasi Industri Nasional (Silinas) dan e-Katalog, Senin (22/7/2024).

Wakil Wali Kota Banjarmasin, Arifin Noor mengatakan kegiatan sosialisasi itu bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada pelaku IKM mengenai sistem penyediaan barang dan jasa secara online melalui Silinas dan e-Katalog.

"Kami ingin memajukan para IKM yang mana dengan adanya sistem Silinas e-Katalog memudahkan mereka dalam menawarkan barang dan jasa secara online dengan proses yang cepat," paparnya.

Selain itu, melalui teknologi itu jangkauan pemasaran barang dan jasa dari para IKM lebih luas lagi. Tentunya diharapkan hal itu dapat memicu geliat IKM di Kota Seribu Sungai.

Sementara itu, Kepala Disperdagin Kota Banjarmasin, Ichroom Muftezar menerangkan tujuan lain dari sosialisasi juga sekaligus memberikan pendamping para IKM agar memiliki akun Silinas dan E-Katalog. "Serta menyampaikan laporan setiap enam bulan sekali," sebutnya.

Dimana lanjut Tezar, laporan itu harus dimasukan dalam akun Silinas masing-masing para IKM. Mengingat laporan merupakan hal wajib yang harus disampaikan para IKM maupun industri besar.

Di sisi lain, menurutnya memiliki akun atau sudah terdaftar Silinas tentunya ada keuntungan yang didapat. Contohnya eksistensi yang bisa diakses langsung melalui akun tersebut.

"Mereka juga diberikan perlindungan hukum karena sesuai dengan amanah UU Nomor 3 Tahun 2014 tentang perindustrian," tuturnya.

Keuntungan lain kata ia IKM yang sudah mendaftar di Silinas bisa mendaftarkan sertifikat TKDN secara gratis.

"Jadi banyak manfaat yang diberikan khususnya para IKM yang mengikuti sosialisasi ini," ujarnya.

Di samping itu, tak dipungkirinya hingga saat ini masih ada IKM yang kesulitan mengaplikasikan terutama e-Katalog.

Tentunya, pihaknya terus mendorong para IKM agar bisa menggunakan e-Katalog melalui pendampingan yang dilakukan. (arum/sip)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner