Jelang Pilkada 2024, Bakesbangpol Kalsel Gelar Sosialisasi dengan Insan Pers | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Rabu, 10 Juli 2024

Jelang Pilkada 2024, Bakesbangpol Kalsel Gelar Sosialisasi dengan Insan Pers

BERITABANJARMASIN.COM - Menuju 141 hari pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada), Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kalsel menggelar sosialisasi dengan insan pers media massa di Banjarmasin, Selasa (9/7/2024).

Kegiatan dibuka Kepala Kesbangpol Kalsel, Heriansyah dan menghadirkan narsum dari KPU dan Bawaslu dan PWI Kalsel dengan tema peran media massa dalam Pilkada 2024.

Dalam paparannya, Komisioner KPU Kalsel 
M Fahmi Failasopa menjelaskan terkait tahapan-tahapan pilkada yang telah dilakukan seperti membentuk panitia ad hoc. 

Kemudian melakukan Pencocokan dan Penelitian (Coklit) oleh Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) yang dibentuk Panitia 
Pemungutan Suara (PPS). "Hingga pagi tadi, progress Clcoklit oleh Pantarlih mencapai 74 persen," ucapnya.

Fahmi juga mengatakan, KPU gencar melakukan sosialisasi kepada kalangan generasi milenial dan z yang menjadi pemilih terbanyak sekitar 60 persen pada pemilu lalu agar memperkecil terjadinya golput.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Kalsel, Aries Mardiono menyampaikan pihaknya sudah melakukan pembentukan jajaran sampai tingkat kelurahan dan desa.

"Kami berharap jajaran Bawaslu yang sudah terbentuk sampai bawah, pengawasan dalam tahapan Pilkada 2024 bisa maksimal," jelasnya.

Ia juga mengingatkan pemilih agar tidak tergoda dengan politik uang sebab dalam aturan pilkada terkait itu tidak hanya dikenakan kepada pemberi namun penerima juga akan dikenai sanksi pidana.

Selanjutnya, Ketua PWI Kalsel, Zainal Helmi mengingatkan agar insan pers di banua bisa memberikan berita secara berimbang kepada calon yang maju di Pilkada 2024.

Kemudian Helmi juga meminta wartawan yang sering menperoleh informasi di medsos harus dilakukan konfirmasi sebelum menjadi produk jurnalistik.  "Kami juga imbau wartawan bisa meluruskan berita hoax di medsos, terutama menjelang pilkada saat ini," jelasnya. (maya/sip)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner