Pemkot Banjarmasin Selesaikan Administrasi Keterlambatan Pembayaran Pekerjaan 2023 | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Jumat, 05 Juli 2024

Pemkot Banjarmasin Selesaikan Administrasi Keterlambatan Pembayaran Pekerjaan 2023

BERITABANJARMASIN.COM - Melewati proses singkat, Pemkot Banjarmasin akhirnya menyelesaikan kontrak pekerjaan di 2023 yang sempat alami keterlambatan pembayaran.

Hal tersebut disampaikan Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina bahwa berbagai upaya telah dilakukan mulai dari efisiensi dan refocusing anggaran.

Dari total tunggakan pembayaran Rp348,5 miliar tersebut, Pemkot Banjarmasin masih menyisakan sekitar Rp6,2 miliar.

"Sisanya itu bukan kita tidak bisa bayar. Tetapi di APBD murni sub kegiatan itu memang tidak ada, jadi itu akan dibayarkan di anggaran perubahan nanti," jelasnya, Kamis (4/6/2024).

Kendati demikian, ia menegaskan bahwa tunggakan pembayaran tersebut sudah bisa dipastikan telah terlunasi.

Untuk itu ujar Ibnu pihaknya sudah memulai membuka kembali lelang pengerjaan yang sudah tertunda.

Bahkan pengerjaan penguatan dinding Sungai Veteran melalui program NUFReP yang didanai dengan bantuan World Bank ke pemerintah pusat sudah bisa dikerjakan di 2024 ini.

"Anggarannya itu hampir Rp1 triliun, untuk lima tahun. Untuk tahun ini akan dikucurkan sekitar Rp200 miliar," sebutnya.

Karena hal itu, ia pun menjelaskan bahwa kepala daerah nanti yang akan datang tidak akan terimbas dengan tunggakan keterlambatan pembayaran ini karena sudah lunas.

Sementara itu, Kepala BPKPAD Kota Banjarmasin, Edy Wibowo, mengatakan sisa tunggakan Rp6,2 miliar yang belum terbayar tersebut tersisa dari beberapa SKPD.

"Yang paling banyak itu Dinas Pendidikan sekitar Rp5 miliar, lalu Disperdagin dan Dispersip Banjarmasin," tandasnya.  (arum/sip)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner