Puluhan IKM Banjarmasin Dibekali Kemampuan Pengelolaan Ekspor | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Selasa, 09 Juli 2024

Puluhan IKM Banjarmasin Dibekali Kemampuan Pengelolaan Ekspor

BERITABANJARMASIN.COM - Pusat Sumber Daya Manusia Ekspor dan Jasa Perdagangan (PPEJP) Sekretariat Jenderal Kementerian Perdagangan bekerja sama dengan Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperdagin) Kota Banjarmasin melaksanakan Pelatihan Prosedur Ekspor bagi pelaku usaha Industri Kecil Menengah (IKM) Banjarmasin.

Pelatihan dibuka oleh, Wakil Wali Kota Banjarmasin, Arifin Noor, turut hadir Ketua Tim Ekpor PPEJP Kementerian Perdagangan, Junianto, Kepala Disperdagin, Ichrom Muftezar serta jajaran terkait, di Pyramid Suites Hotel Banjarmasin, Senin (8/7).

Disampaikan Arifin, pelatihan itu berguna untuk memberi pengetahuan praktis tentang prosedur ekspor untuk menambah wawasan para pelaku usaha yang ada di Kota banjarmasin.

"Melalui pelatihan ini, para peserta akan diberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang prosedur terkait kegiatan ekspor, serta strategi dan teknik-teknik yang efektif dalam memulai kegiatan ekspor," ucap beliau.

"Kami berharap kedepannya, dengan semakin berkembangnya kegiatan ekspor di Kota Banjarmasin, akan dapat meningkatkan sektor perekonomian dan kesejahteraan bagi masyarakat," tambahnya.

Disisi lain, Ketua Tim Ekpor PPEJP, Junianto mengatakan pelatihan itu dilaksanakan selama 3 hari yaitu dari 8 Juli hingga 10 Juli yang bertujuan untuk melakukan pelatihan ekspor ke negara lain.

"Nah kita coba akan tingkatkan ekspor dari para IKM/UKM di Banjarmasin yaitu prodak-prodak yang ada pada saat ini adalah makanan minuman kemudian ada kerajinan anyaman dan ada tadi alat musik biola yang sudah melakukan ekspor ada juga dari kopi," jelasnya.

Sementara itu, Kepala Disperdagin Banjarmasin Ichrom Muftezar menyampaikan, pelatihan prosedur ekspor tersebut berjumlah 30 peserta yang ada di Kota Banjarmasin.

"Alhamdulillah 2 diantara 30 peserta yang mengikuti kegiatan pelatihan ini sudah melakukan ekspor, diantaranya adalah biola yang sudah ke mana-mana ke negara-negara yang lain juga, begitu juga dengan kopi," terangnya.

Ia berharap, agar peserta lainnya dapat menjadi IKM yang bisa melakukan ekspor, "Mudah mudahan nanti untuk ekspor produk produk unggulan di Kota Banjarmasin bisa lebih banyak lagi," pungkasnya. (Diskominfotik - Bjm)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner