Rangkul Pemuda Banjarmasin, Kemenpora RI Gelar Kegiatan Pengembangan Kewirausahaan | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Rabu, 31 Juli 2024

Rangkul Pemuda Banjarmasin, Kemenpora RI Gelar Kegiatan Pengembangan Kewirausahaan

BERITABANJARMASIN.COM - Wakil Wali Kota Banjarmasin, Arifin Noor menghadiri sekaligus memberikan sambutan kegiatan Pengembangan Kewirausahaan Pemuda mendukung penciptaan ekosistem kewirausahaan di Banjarmasin, yang berlangsung di Ballroom Hotel Galaxy, Selasa (30/7/2024).

Kegiatan tersebut dibuka oleh Asisten Deputi Kewirausahaan Pemuda Kemenpora RI, Hendro Wicaksono dan dihadiri Sekretaris Disbudporapar, Fitriah, beserta jajaran SKPD terkait.

Wakil Wali Kota Banjarmasin, Arifin Noor menyampaikan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya atas kerja sama antara Kementerian Pemuda dan Olahraga RI dengan Dinas Kebudayaan Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Kota Banjarmasin yang telah melaksanakan dan memfasilitasi kegiatan tersebut.

“Kewirausahaan bukan hanya tentang bagaimana memulai usaha, tetapi juga tentang bagaimana berpikir kreatif, inovatif, serta mampu menghadapi tantangan dengan solusi," ujarnya.

Arifin juga menyampaikan bahwa dengan bimbingan dan dukungan yang tepat, Kota Banjarmasin akan melahirkan banyak wirausaha muda yang mampu menciptakan lapangan kerja dan memberikan dampak positif bagi perkembangan ekonomi lokal dan nasional. 

Salah satunya program unggulan “Kawal Inkubator Bausaha Tanpa Bunga atau Bahuma” yang memberikan akses bantuan permodalan bagi pelaku wirausaha baru, termasuk pemuda, tanpa beban bunga.

Dimana Program itu sudah berjalan selama tiga tahun, hasil kerja sama antara Pemkot Banjarmasin melalui Dinas Koperasi, Usaha Mikro dan Tenaga Kerja dengan Bank Kalsel Cabang Utama Banjarmasin. "Banyak alumni lulusan Kawal Inkubator yang telah naik kelas dan menghasilkan produk berkualitas,” imbuhnya.

Wakil Walkot Banjarmasin berharap sinergi antar pihak terus diperbanyak dan diperkuat untuk menciptakan ekosistem kewirausahaan yang kondusif serta membawa manfaat berkelanjutan bagi perkembangan sektor kewirausahaan dan perekonomian di Indonesia, khususnya di Kota Banjarmasin.

Sementara itu Sekretaris Disbudporapar Banjarmasin, Fitriah menerangkan para pesertanya sendiri sebelumnya sudah terdata Kemenpora RI yang perlu mendapatkan edukasi pengembangan kepemudaan. "Pemuda dan pemudinya yanh dilibatkan dari Kecamatan Banjarmasin Selatan," kata ia.

Adanya kegiatan dari Kementerian itu ujarnya lagi bisa mendapatkan informasi bagi para pemuda Banjarmasin. Untuk menggali potensi para pemuda terkait Wirausaha Baru (WUB) kedepannya. "Peranan pemerintah sendiri sudah dilakukan melalui workshop dan bimtek," imbuhnya.

Sehingga tambahnya bisa menarik minat yang selama ini dimiliki para pemuda dalam pengembangan kewirausahaan. (arum/sip)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner