Serunya "Mangawah" Bubur Asyura Ala Wali Kota Ibnu Sina, Tradisi Urang Banjar | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Rabu, 17 Juli 2024

Serunya "Mangawah" Bubur Asyura Ala Wali Kota Ibnu Sina, Tradisi Urang Banjar

BERITABANJARMASIN.COM - Peringati 10 Muharram 1446 H, Pemerintah Kota Banjarmasin bersama TP-PKK Banjarmasin menggelar tradisi mengolah bubur asyura di Halaman Rumah Sasirangan Kreatif (RSK), Selasa (16/7/2024).

Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina, mengatakan bahwa pengolahan bubur asyura merupakan tradisi yang dilaksanakan untuk menyambut hari Asyura dan dilaksanakan di setiap kampung, dari tingkat RT hingga RW. "Kami melaksanakan tradisi Banjarmasin, salah satunya adalah pangawah baulah bubur Asyura," ujarnya.

Wali kota dua periode ini juga menyampaikan bahwa pihaknya melibatkan para ibu - ibu PKK yang merupakan perwakilan dari lima kecamatan.

Dimana dari hasil mengawah bubur asyura tersebut bakal dibagikan ke masyarakat baik di pinggir jalan maupun warga sekitar RSK nantinya.
"Sangat mengapresiasi peran ibu-ibu PKK dalam melaksanakan acara bubur Asyura ini," imbuhnya.

Uniknya lagi, Bubur Asyura yang diolah terdiri dari 41 macam rerempahan, serta semua jenis sayur, umbi - umbian dan kacang - kacangan dimasukkan.

Ibnu berharap, tradisi ini bisa dipertahankan dan menjadi bagian dari kehidupan Kota Banjarmasin. Serta dapat mempererat masyarakat karena biasanya ibu-ibu ini bekerja sama dalam mengolah bubur dan membagikannya kepada masyarakat.

Adapun tambahnya tahun ini, pihaknya menyiapkan hingga 1.000 kotak bubur asyura yang akan dibagikan. (arum/sip)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner