Wartawan Diminta Non Aktif Jika Jadi Tim Sukses Pilkada 2024 | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Rabu, 10 Juli 2024

Wartawan Diminta Non Aktif Jika Jadi Tim Sukses Pilkada 2024

BERITABANJARMASIN.COM - Wartawan diharapkan berhenti atau non aktif sementara dalam melakukan peliputan dan tugas jurnalistik lainnya jika menjadi tim sukses paslon di Pilkada 2024.

Hal ini disampaikan Ketua PWI Kalsel, Zainal Helmie saat menjadi narasumber dalam kegiatan sosialisasi dengan insan pers media massa yang diinisiasi Kesbangpol Kalsel di Banjarmasin, Selasa (9/7/2024).

"Ini merupakan arahan Dewan Pers, wartawan yang memang menjadi tim sukses diminta non aktif sementara," ujarnya.

Hal ini kata Helmie agar menjaga profesionalisme dan martabat wartawan sehingga kedepannya tidak ada sanksi hukum yang menjerat bagi insan pers.

Lanjut Helmie, pihaknya juga membuka ruang keterlibatan bagi masyarakat atau pengaduan terkait pelanggaran Kode Etik Jurnalistik maupun kesalahan teknis dalam pemberitaan serta wartawan yang menjadi tim sukses sehingga tidak profesional.

Helmie juga mengingatkan tugas wartawan tidak hanya menginformasikan namun juga kontrol sosial mulai dari tahapan sampai penetapan termasuk sampai pengumuman pemenang Pilkada 2024.

"Dari awal sampai pengumuman itu peran pers itu mengawal agar Pilkada 2024 di Kalsel berjalan dengan baik dan damai seperti meluruskan berita bohong atau hoax," jelasnya. (maya/sip)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner